Angouw Disiapkan Pilkada Manado, Honandar “Kans Kuat” Jabat Ketua DPRD Sulut

0
285

SULUT – Tensi politik di provinsi Sulawesi Utara semakin memanas. Hal ini dibuktikan dengan adanya lobi-lobi untuk mendapatkan rekomendasi partai sebagai akses utama bersaing di Pilkada 2020.

Tak hanya Pilkada 2020, penempatan posisi utama pun di gedung wakil rakyat bakal asik diikuti. “Terlepas Pilkada, yang paling menarik disimak terjadi di DPRD Sulut. Pasalnya ada beberapa dari pimpinan DPRD Sulut yang dipersiapkan oleh partai untuk maju Pilkada,” ucap salah satu pemerhati politik, Khalid Rahman, Selasa (28/1/2020).

Ia mengatakan, pergantian posisi pimpinan DPRD Sulut akan terjadi di Fraksi PDI Perjuangan yang notabene berhasil merebut kursi Ketua DPRD Sulut dan Fraksi Nasdem yang merebut kursi Wakil Ketua DPRD Sulut. “Ini bakal terjadi, ketika Andrei Angouw disiapkan PDIP dan Nasdem merekomendasikan Victor Mailangkay untuk maju Pilwako Manado,” ujarnya.

Ditanya, siapa yang menjadi kans kuat untuk mengganti kursi kedua pimpinan tersebut, Khalid menilai, Hengky Honandar (HH) jadi kans kuat untuk duduk di kursi Ketua DPRD Sulut dan Alfian Bara atau Syerly Tjanggulung di kursi Wakil Ketua DPRD Sulut. “Honandar (HH) patut diperhitungkan karena dalam pilcaleg lalu, ia menjadi seorang distribusi (pendulang suara) yang sangat signifikan di dapil Minut-Bitung sehingga PDIP bisa meraih 3 (tiga) kursi,” terangnya.

“Sementara untuk Nasdem, Alfian Bara menjadi kans karena merupakan perwakilan Bolmong Raya tentunya ini sangat berpengaruh menghadapi Pilgub 2020. Ini menurut prediksi saya, tapi pada intinya semua itu kembali ke partai. Dan saya kira partai akan melihat dari pengaruh figur, dengan beberapa pertimbangan lainnya,” tambah Khalid.

Khalid juga menambahkan, selain nama diatas, masih banyak figur lain yang juga punya kans untuk duduk di 2 (dua) kursi “empuk” tersebut. “Seperti dari Fraksi PDIP ada Richard Sualang, Rocky Wowor, Fabian Kaloh atau mantan Bupati Sitaro, Toni Supit. Sementara di Fraksi Nasdem, Nick Lomban, Braien R.L. Waworuntu dan Johny Panambunan. Sekali lagi semua punya kans tergantung keputusan partai,”tandasnya.(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here