Ini Hasil Pertemuan Terkait Pengrusakan Mushola di Perum Agape Tumaluntung

0
320

MINUT – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibawah komando Gubernur Olly Dondokambey langsung turun tangan menangani kejadian perusakan Mushola di Perumahan Agape Griya, Desa Tumaluntung, Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara yang terjadi Rabu (29/1/2020) malam.

Terbukti, hanya sehari setelah kejadian, Kamis (30/1/2020) tim dari Pemprov Sulut yang terdiri dari Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Edison Humiang, Karo Pemerintahan dan Otonomi Daerah Jemmy Kumendong, Karo Perekonomian Hanny Wajong dan Karo Pembangunan Abdullah Mokoginta langsung mengadakan rapat terbatas di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) untuk membahasnya.

Dalam rapat nampak hadir jajaran Forkopimda Minut, Bupati Minut, Kapolres Minut, Dandim, Ketua DPRD, Pimpinan FKUB, Ketua MUI, perwakilan Jamaah setempat dan tokoh masyarakat Tumaluntung.

Sejumlah solusi dan kesepakatan dihasilkan pada pertemuan yang berlangsung dalam suasana kekeluargaan ini, diantaranya ;

– Pemkab Minut akan memfasilitasi penerbitan izin rumah ibadah tersebut sesuai ketentuan yang berlaku, jika terdapat hambatan, akan segera diteliti dan disolusikan hambatan tersebut.

– Sambil menunggu proses perijinan, jamaah melaksanakan sholat di rumah.

– Pihak Polres Minut telah menangkap dan akan memproses pelaku perusakan sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

– Pihak Polres Minut akan memfasilitasi perbaikan mushola.

Sementara itu, tokoh masyarakat Tumaluntung, Piet Luntungan mengusulkan agar pemerintah memfasilitasi pertemuan sebagai ajang silaturahmi antar jamaah dan masyarakat Tumaluntung. “Pertemuan ini nantinya diharapkan dapat menghilangkan kesan eksklusifitas jamaah yang jarang berbaur dengan masyarakat,” singkatnya.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here