Pusat Kota dan Pasar Girian Bebas Banjir Jadi “PR” Pemkot Bitung

0
279
Genangan air di Pusat Kota dan Pasar Girian

BITUNG – Curah hujan di Kota Bitung akhir-akhir ini lumayan tinggi. Tidak mengherankan jika banyak badan jalan, pemukiman warga dan tempat perbelanjaan yang tergenang air sesaat setelah hujan. Seperti terlihat di wilayah Pusat Kota Bitung dan Pasar Girian, warga yang melintas di sekitar kawasan ini kerap mengeluhkan banjir saat musim hujan, sejak beberapa tahun lalu.

Sekretaris Corong Aspirasi Rakyat (C.A.R) Indonesia, Raynaldi Pratama saat ditemui awak media, meminta pemkot Bitung untuk segera mencari solusi untuk mengatasi persoalan ini. “Masa setiap tahun kami selalu berkutat dengan banjir terus,” ucapnya, Selasa (4/2/2020).

Ia menilai, banjir masih menjadi masalah yang dianggap belum teratasi oleh pemerintah kota Bitung terlebih khusus di wilayah pusat kota Bitung dan Pasar Girian.

“Artinya ini adalah masalah yang harus menjadi perhatian. Ini adalah pekerjaan rumah (PR) yang secepatnya bisa diatasi, dimana warga Bitung ingin agar bisa diselesaikan,” singkat Raynaldi.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Bitung Rudy Theno ST MT saat dikonfirmasi mengaku hal ini sudah ditindaklanjuti oleh Pemkot Bitung. “Harus ada pembenahan drainase di lokasi itu, terutama saluran yang melewati wilayah Pelindo,” ujarnya.

Theno juga menambahkan, pemerintah kota sudah berkoordinasi dengan pihak PT. Pelindo IV Cabang Bitung. “Mereka (Pelindo) menyambut baik agar pusat kota terbebas dari banjir setiap hujan. Jalur saluran yang melewati wilayah Pelindo akan diperlebar dan untuk mengantisipasi terjadinya sedimentasi, akan ada ‘sandtrap’ pada setiap saluran,” jelasnya.

Untuk Pasar Girian, kata dia, pihaknya akan turun langsung melihat drainase. “Kami akan turun langsung melihat alur dari jalur drainasenya, jika drainase tidak mampu, kami nantinya akan memperlebar drainase tersebut,” ujarnya.

“Kita liat saja nanti, tapi intinya, Pemkot tidak diam dan terus mencari cara demi masyarakat Kota Bitung. Selain itu butuh kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,” tutup Theno.(rma)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here