Pemdes Tuhemberua Gelar Pemilihan Panitia Penjaringan Perangkat Desa

0
361

TUHEMBERUA, NIAS – Pemerintah desa Tuhemberua Kecamatan Ma’u Kabupaten Nias, menggelar pemilihan panitia penjaringan perangkat desa yang berlangsung di kediaman Kepala Desa Tuhemberua, Kamis (6/2/2020)

Adapun sebagai perangkat desa yang masuk dalam penjaringan tersebut yaitu, para kepala dusun Kepala Seksi Pelayanan dan Kepala seksi Pemerintah Desa Tuhemberua.

Dalam sambutannya, Sekretaris Desa Tuhemberua Yasman Gulo menyampaikan kegiatan tersebut adalah tindaklanjut dari Kepala Desa Tuhemberua terkait pelaksanaan Pemilihan
Panitia Penjaringan Perangkat Desa.

“Adapun persyaratan untuk menjadi panitia antara lain pendidikan setingkat SMA, yang di ambil dari perangkat desa dan tokoh yang bisa membidangi dan punya pengalaman sebagai panitia penjaringan perangkat desa,” ucap Sekdes.

Ditempat yang sama, Fatisokhi Gulo Wakil Ketua BPD meminta agar panitia yang nantinya terbentuk, betul-betul menegakkan aturan tanpa ada kolusi dan nepotisme. “Tentu kita sudah ketahui bersama yang bisa menjadi perangkat desa adalah yang sudah tamat SMA. Namun perlu kami sampaikan juga, bahwa khusus calon kepala wilayah mana tau ada yang belum tamat SMA di setiap dusun, meskipun ada tetapi tidak mencukupi umur di mana harus berumur 20 sampai 42 tahun, memang aturan tetap kita hargai. Maka kami berharap agar ada kebijakan kepala desa tentang hal itu khusus calon kepala dusun, dan kita berharap juga supaya panitia nanti yang terpilih agar benar- benar serius menjalankan tugasnya sesuai dengan ketentuan yang ada,” cetusnya.

Begitupun Alimudin Gulo yang mewakili tokoh masyarakat, merasa bangga dengan persyaratan yang ditetapkan. “Kita bersyukur dengan dilaksanakannya kegiatan ini demi integritas. Kita juga sudah lama mendengar bahwa perangkat desa ini harus tamatan SMA. Menurut kami apa bila di dusun tersebut tidak ada yang tamat SMA atau terbatas dengan umur khusus kepala dusun, maka kita ambil saja dari dusun lain yang bisa melengkapi berkasnya sesuai aturan yang ada,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala desa Tuhemberua Erik Erwin Jaya Gulo dalam arahannya mengatakan, bahwa pihaknya menerima petunjuk dari Camat Ma’u untuk segera dilaksanakan penjaringan perangkat desa.

“Maka itu, sesuai dengan aturan harus dibentuk panitia penjaringan yang terdiri dari 5 (lima) orang yang diambil dari jajaran aparat pemerintahan desa yang aktif dan juga perwakilan tokoh masyarakat dan lembaga sesuai dengan keputusan kita bersama,” pungkasnya.

“Dan tentunya, panitia ini nanti yang menyampaikan aturan untuk menjadi calon perangkat desa karena mereka sebagi kaki tangan pemerintah desa untuk menerima berkas calon serta yang menyampaikan hasil seleksi nantinya,” ujarnya.

Erik juga mengingatkan panitia agar menjalankan tugas sesuai ketentuan yang ditetapkan. “Jangan ada pilih kasih dan nantinya diumumkan secara terbuka untuk umum. Dan siapa yang nantinya lulus tentunya terpilih sesuai dengan hasil seleksi dari panitia,” tandasnya.

“Mengenai kebijakan yang bukan tamatan SMA, kami tidak bisa intervensi, dan kami tidak bisa memastikan. Nanti kami koordinasikan dengan Pak Camat,” tutupnya.

Adapun susunan panitia penjaringan perangkat Desa Tuhemberua :
– Ketua : Yasman Gulo
– Sekretaris : Yulianus Gulo
– Bendahara : Alimudin Gulo
– Anggota : Marelius Gulo dan Budi Rahmat Gulo.

Selain Kepala Desa dan jajarannya, turut hadir pada kegiatan tersebut, BPD, LPM, para tokoh masyarakat, Pemuda dan masyarakat.(Makmur Gulo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here