APBdesa 2019 Sisarahili Ma’u Sukses, BPMD Nias Sebut Pelaksanaan Sudah Sesuai

0
683

SISARAHILI MA’U, NIAS – Pelaksanaan APBDesa sisarahili kecamatan Ma’u Kabupaten Nias T.A.2019 dengan jumlah belanja Rp.1.805.266.348 telah terlaksana.

Kepala desa Sisarahili ma’u Atoni Gulo saat di wawancarai oleh wartawan, Jumat (7/2/2020) menjelaskan bahwa pelaksanaan ABPdesa TA.2019 Sisarahili Ma’u telah terlaksana, baik di bidang penyelenggaraan pemerintahan desa, bidang pembangunan desa, bidang pemberdayaan kemasyarakatan maupun bidang pembinaan kemasyarakatan.

“Memang ada pembangunan yang tidak sempat selesai yaitu pembangunan jembatan tidak tercapai dimana karena baru pencairan dana terakhir tanggal 6 Desember 2019, sehingga kami tidak mencapai target. Juga stok barang di toko kemarin seperti semen kosong, dan sebagian yang sudah kami belanjakan seperti besi. Itu akan disimpan dan digunakan pada kelanjutan pembangunan jembatan itu tahun 2020 ini. Begitu juga pemilihan BPD tidak sempat dilaksanakan dan anggarannya sudah di kembalikan sehingga dana yang kami kembalikan di tahun 2019 sebesar Rp 109.548.600,” ucapnya.

Pada pelaksanaan kegiatan, tambah Atoni, pembangunan langsung melibatkan masyarakat desa untuk bekerja dan masyarakat juga sangat antusias mendukung. “Makanya saya kaget pada beberapa hari yang lalu ada berita di salah satu media yang memberitakan bahwa dana desa Sisarahili Ma’u diduga disalahgunakan. Dan mereka hanya mengkonfirmasi lewat Whatsapp saja, tidak langsung melihat di lapangan,” cetusnya.

“Dimana juga laporan itu harus di buktikan hitam di atas putih dan harus sesuai dengan prosedur dulu. Karena jika ada laporan masyarakat tentang pelaksanaan kegiatan dana desa harus di surati ke kepala desa dengan tembusan kepada BPD. Namun pihak kami maupun BPD selama ini belum menerima laporan,” ungkap Kades.

Ditempat yang sama, Ketua TPK Bowonama Gulo menjelaskan, sebagai TPK telah melaksanakan kegiatan dengan baik. “Pada perkerasan jalan maupun pada perkerasan rabat beton, dan juga pada pengadaan PLTS sebanyak 45 unit yang dibagi per rumah, juga kami melibatkan masyarakat desa untuk bekerja serta selalu menjunjung tinggi keterbukaan dan ketransparaan kepada masyarakat desa,” singkatnya.

Terpisah masyarakat sangat senang menerima serta mengapresiasi program kegiatan pemerintahan desa maupun TPK yang melibatkan langsung masyarakat. “Mereka langsung melibatkan kami sebagai untuk bekerja dan pemerintah desa sangat transparan terkait anggaran,” tutur Faoatulo Waruwu.

“Terkait pembangunan dari segi fisiknya sudah sesuai. Tak ada yang ditutup-tutupi, semuanya transparan. Tentu kami sangat senang dengan program pemerintahan desa karna mulai ada kemajuan pembangunan di desa kami,” imbuh masyarakat lainnya, Tehenafao Gulo.

Sementara itu, Ketua Badan Permusyawaratan desa (BPD) Sisarahili Ma’u Faogoziduhu Gulo kepada media menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintahan desa maupun TPK sudah sesuai dan telah terlaksana, baik dari bidang pembangunan maupun di bidang lainnya.

“Memang pada pembangunan jembatan tidak sempat tercapai target dan dana itu sudah di kembalikan. Kemudian kami juga agak heran dimana beberapa hari yang lalu kami lihat di salah satu media yang memberitakan bahwa dana desa Sisarahili Ma’u diduga disalahgunakan. Tetapi kami pun dari BPD belum menerima surat laporan dari masyarakat desa, dan juga pihak yang memberitakan itu belum datang ke desa untuk melihat langsung. Maka saya sebagai BPD mengatakan bahwa yang di beritakan itu tidak benar, karena kami sebagai BPD yang sangat mengetahui bahwa pelaksanaan APBdesa sisarahili ma’u TA.2019 sudah terlaksana dengan baik,” tandasnya.

Terpisah, Kabid BPMD Kabupaten Nias Toharrudin saat melakukan monitoring, Jumat (7/2/2020) kepada media mengapresiasi pembangunan tersebut.

“Semuanya sudah sesuai, baik pengadaan PLTS, perkerasan jalan, dan perkerasan rabat beton sudah sangat kokoh dan yang mengerjakannya juga adalah masyarakat setempat. Kemudian ada kekompakan antara BPD, kepala desa, TPK dan juga masyarakat sehingga kegiatan terlaksana dengan baik,” pungkasnya.(Makmur Gulo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here