Tangan Dingin Tehego Bawa SMK Negeri 1 Sogae’adu Raih Akreditasi “A”

0
568

SOGAE’ADU, NIAS – Dengan usaha serta keseriusan melaksanakan tugas sebagai tenaga pendidik disertai dengan dukungan orang tua siswa dan komite. Dengan jumlah nilai 91, SMK Negeri 1 yang berkedudukan di kecamatan Sogae’adu Kabupaten Nias berhasil meraih sertifikat Akreditasi “A”.

“Ini tak lepas dari kerjasama dan dukungan antara tenaga pendidik, komite sekolah serta orangtua siswa sehingga SMK Negeri 1 terakreditasi dengan nilai A,” ucap Kepala SMK Negeri 1 Sogae’adu Kabupaten Nias, Tehego Ndraha S.pd. saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (10/2/2020).

Ia menyebutkan, SMK Negeri 1 Sogae’adu memiliki 490 murid, dengan tenaga pendidik sebanyak 38 orang. “Guru PNS ada 18 orang sementara untuk GTT 20 orang. Adapun jurusan yakni teknik kendaraan ringan, bisnis konstruksi dan properti, pertanian, dan administrasi perkantoran,” ujarnya.

Tehego menuturkan, bahwa dirinya sempat menjadi pelaksana tugas sampai akhirnya didefenitifkan menjadi Kepala SMK Negeri 1 Sogae’adu. “Pada tahun 2009 saya diangkat sebagai kepala sekolah Plt hingga Oktober 2010. Dan saya didefinitifkan sebagai Kepala Sekolah hingga sekarang,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan, untuk mendapatkan sertifikat Akreditasi “A” adalah usaha yang sangat berat, dimana dirinya mengumpulkan dokumen sekolah serta hasil kegiatan yang sudah pernah diraih oleh sekolah.

“Seperti kemarin pihak sekolah mengikuti seni tari tradisional, vocal sol serta bola volly tingkat provinsi dan beberapa dokumen sekolah lainnya, dan juga dinilai dari sarana prasarana seperti ruang belajar, ruang praktek, meskipun masih kurang tetapi sedikitnya ada perbedaan di banding sekolah yang lain sehingga kita mendapatkan Akreditasi ini,” jelasnya.

Lanjutnya, SMK Negeri 1 Sogae’adu telah dinilai oleh tim penilai bahwa proses pembelajaran sekolah selama beberapa tahun sudah memenuhi standar, sehingga peluang kepada siswa untuk melanjutkan di perguruan tinggi terbuka lebar (diutamakan,red). “Contohnya perguruan tinggi menerima AKREDITASI B. Maka siswa kita dari sini sudah peluang besar untuk masuk karna sekolah kita telah TERAKREDITASI A,” tukas Tehego.

Ia berharap orang tua siswa, komite serta masyarakat agar selalu mendukung program sekolah agar terus mengalami peningkatan dalam ilmu pengetahuan. “Perlu adanya penambahan tenaga pengajar. Kemudian kepada siswa agar lebih serius lagi untuk belajar, terlebih kepada siswa yang akan mengikuti ujian akhir pada semester tahun ini,” pungkas Tehego.(Makmur Gulo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here