Warga Apresiasi Relisasi APBdesa 2019 Sisarahili Ma’u Terlaksana

0
417

SISARAHILI MA’U, NIAS – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersama Pemerintah Desa Sisarahili Ma’u Kecamatan Ma’u Kabupaten Nias, menggelar laporan realisasi pertanggung jawaban APBdesa TA.2019 yang berlangsung di pendopo Kepala Desa Sisarahili Ma’u, Kamis (13/2/20).

Ketua BPD, Faogoziduhu Gulo mengatakan kegiatan tersebut untuk menindaklajuti laporan realisasi dari pemerintahan desa Sisarahili Ma’u. “Kami sebagai Badan permusyawaratan desa (BPD) pada pelaksanaan APBdesa 2019 maka kami mengundang masyarakat untuk menyampaikan laporan pertanggung jawaban APBdesa Sisarahili Ma’u,” ucapnya.

“Kami sebagai BPD serta anggota menilai bahwa pelaksanaan APBdesa TA.2019 sudah terlaksana dengan baik, mulai dari pelaksanaan pembangunan maupun di beberapa bidang lainnya sudah sesuai dengan harapan kita. Semua aturan kita ikuti, kami dan pemerintah desa selalu mengedepankan keterbukaan serta ketransparaan kepada masyarakat desa,” tambah Faogoziduhu.

Mewakili Kapolpos Kecamatan Ma’u Kasman Jaya Laoli memberi apresiasi kepada pemerintah desa. “Terimakasih sudah mengundang kami pada kegiatan ini. Diskusi nantinya, diharapkan masyarakat menyampaikan kritik, saran, serta pendapat atau sesuatu hal yang berhubungan dan tentunya sesuai dengan aturan.” singkat Kasman.

Pada sambutan dari PDPI Kecamatan Ma’u Henra Tutury Manungkalit menyampaikan, setiap dana desa yang turun di desa melalui RKUDes maka pemerintahan desa wajib mempertanggung jawabkan kepada dinas terkait dan juga di serahkan kepada pemerintah.

“Maka kami imbau kepada masyarakat, marilah kita selalu mendukung kegiatan program desa melalui dana desa ini agar kita selalu menikmati kemajuan pembangunan desa serta sarana dan prasarana,” ajaknya.

Terpisah, Kepala Desa Sisarahili Ma’u Atoni Gulo terima kasih kepada warga yang antusias menghadiri laporan pertanggungjawaban. “Terimakasih kepada hadirin, baik dari Pos danramil maupun Kapolpos atau mewakili dan terlebih khusus masyarakat. Kami menyampaikan bahwa pada pelaksanaan APBdesa TA.2019 ini sebagai pemerintahan desa hanya memfasilitasi dimana karna ini untuk kita semua. Kami dari pemerintahan desa baik TPK maupun perangkat desa yang membidangi kegiatan, telah bekerja keras sesuai dengan tupoksi tugas masing-masing dimana tujuan kami agar Desa Sisarahili Ma’u lebih maju,” pungkasnya.

Sementara itu kata Atoni, pada pelaksanaan APBdesa Sisarahili Ma’u 2019 telah terlaksana, baik dari bidang pembangunan maupun pada beberapa bidang lainnya, sebagai pembangunan yang tidak tercapai yaitu pembangunan jembatan.

“Sebagian bahannya sudah dibelanjakan dan disimpan untuk digunakan pada kelanjutan pembangunan jembatan pada tahun ini. Dana tersebut sudah dikembalikan ke rekening desa,” sebutnya.

Dari jumlah belanja desa Sisarahili Ma’u T.A 2019 ini, sebut dia, Rp.1.805.286.384 dengan pengembalian RKUdes Rp. 115.578.584.

“Sebagai uraian pengembalian yaitu, dari bidang penyelenggaraan pemerintahan desa sebesar Rp. 24.888.588, bidang pembangunan sebesar Rp. 71.440.000, bidang pembinaan kemasyarakatan sebesar Rp. 10.250.000 dan untuk bidang pemberdayaan sebesar Rp. 9.000.000,” urai Kades.

Atoni juga berharap agar masyarakat desa Sisarahili Ma’u untuk terus bergandengan tangan mendukung program-program desa kedepan. “Kami dari pemerintahan desa selalu menerima saran, pendapat serta kritikan dari berbagai pihak serta elemen masyarakat pada pelaksanaan kegiatan desa,” tambahnya.

Dari hasil pertanggung jawaban, masyarakat mengapresiasi dan menerima pelaksanaan APBdesa T.A 2019. “Kami sebagai masyarakat sangat mengapresiasi dan menerima pelaksanaan APBdesa TA.2019 Sisarahili Ma’u. Disamping itu, Kepala desa, TPK maupun semua perangkat sangat terbuka dan transparan hingga pada pekerjaan melibatkan langsung masyarakat desa. Terbukti pelaksanaan pembangunan sangat luar bisa dengan merujuk pada RAB,” cetus Atofona Waruwu, salah satu warga.

Sementara itu, dari hasil penelusuran, bahwa pelaksanaan laporan realisasi pertanggung jawaban APBdesa Sisarahili Ma’u tersebut sejak dimulai hingga selesai, aman, tertib dan terkendali.(Makmur Gulo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here