Dinkes Bitung Diminta Awasi Depot Air Minum

0
376
Depot air isi ulang (ilustrasi)

BITUNG, SULUT – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bitung diminta memperketat pengawasan terhadap izin dan kualitas air yang dipasarkan sejumlah depot air minum isi ulang. Hal ini ditegaskan Ketua Harian DPP Corong Aspirasi Rakyat (C.A.R) Indonesia, Khalid Rahman, Selasa (18/2/2020).

Menurutnya, pengawasan ketat terhadap aktivitas usaha depot air minum isi ulang perlu ditingkatkan agar air yang dihasilkan sehat dan layak dikonsumsi masyarakat. “Sebab mengkonsumsi air yang tidak berkualitas dapat mengganggu kesehatan masyarakat dalam jangka panjang,” ucap Khalid.

Dalam upaya melindungi konsumen, kata dia, Dinkes Kota Bitung mewajibkan pelaku usaha depot air minum untuk melakukan uji air di laboratorium, sekali dalam tiga bulan. “Pengawasan kebersihan dan kesehatan produk air minum isi ulang harus ditingkatkan dan dilakukan secara rutin,” ujarnya.

Selain itu, Dinkes Kota Bitung bersama instansi terkait juga sudah saatnya melakukan pendataan dan memberi sanksi tegas terhadap depot-depot air isi ulang yang beroperasi tanpa izin.

“Sangat penting dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan usaha itu telah dilengkapi surat izin resmi, standar kesehatan dan kenyamanan untuk dikonsumsi. Berdasarkan sepengetahuan kami, pihak Dinkes jarang sekali melakukan pengawasan kepada puluhan depot air isi ulang di daerah ini,” cetus Khalid.

Khalid juga menambahkan, pengawasan dan pemberian sanksi tegas terhadap depot-depot air minum isi ulang penting dilakukan secara periodik untuk melindungi konsumen sekaligus menambah pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak daerah.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr. Jeaneste Watuna saat dikonfirmasi via telfon mengatakan pihaknya selama ini terus melakukan pengawasan secara periodik.

“Kami akan terus meningkatkan pengawasan. Selain itu, melakukan pengujian higienitas air isi ulang di Kota Bitung. Jika ditemukan pelanggaran terhadap hak-hak konsumen, kami akan memberikan teguran dan sanksi keras,” singkatnya.(rpm/old)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here