Kapolda Sulteng Resmikan Masjid Ar Rahman

0
495
Kapolda Sulteng Irjen Polisi Drs. Syafril Nursal SH, MH saat meresmikan Masjid Ar Rahman, Jumat (28/2/2020)

PALU, SULTENG – Masjid megah yang dibangun diatas tanah dengan luas 3.071 meter persegi, berdiri tepat disamping kanan Mako Polda Sulteng Jalan Soekarno Hatta Palu Timur akhirnya diresmikan penggunaannya.

Hal ini dibuktikan saat Kapolda Sulteng Irjen Polisi Drs. Syafril Nursal SH, MH meresmikan Masjid yang diberi nama Ar Rahman, Jumat (28/2/2020).

Pelaksanaan pembangunan Masjid Ar Rahman yang berlangsung mulai Agustus 2018 menelan biaya kurang lebih Rp 2,3 Milyar berasal dari swadaya murni sumbangan para dermawan.

Dalam sambutannya, Kapolda mengatakan bahwa yang menginisiasi pembangunan Masjid Mako polda Sulawesi Tengah adalah Irjen Pol Drs. Ermi Widyatno, MM yang pada saat itu menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Tengah dan dilanjutkan oleh Irjen Pol (purn.) Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si.

“Pembangunan masjid mako polda sulawesi tengah menunjukkan kerukunan antar umat beragama di sulawesi tengah, sebab mulai dari inisiasi hingga selesai pembangunan masjid ini tidak lepas dari bantuan para donatur yang ada di sulawesi tengah. Apabila kita semua bersatu, bahu-membahu segala permasalahan pasti terselesaikan, dan insya allah bisa terwujud, seperti halnya pembangunan masjid ini,” ucap Syafril.

Mengakhiri sambutannya, Kapolda berharap kepada jajarannya serta masyarakat yang berada di sekitar lingkungan Mako Polda Sulteng untuk bekerjasama dan kompak dalam menjaga serta merawat masjid ini.

“Kepada warga dan personel Polda Sulawesi Tengah bahwa kita tidak dalam rangka berlomba-lomba membangun masjid megah kemudian setelah masjid rampung dibangun hanya sebagai simbolis saja, melainkan bagaimana kita dapat memakmurkan masjid tersebut dengan melaksanakan ibadah wajib maupun sunnah serta melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Panitia pembangunan masjid Ar Rahman Kombes Pol Imam Setiawan, SIK yang juga Dirlantas Polda Sulteng kepada awak media mengungkapkan rasa syukur pembangunan Masjid Ar Rahman selesai.

“Pembangunannya sempat terhenti pembangunannya karena adanya bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi september 2018. Untuk luas bangunan 775 meter persegi dan mampu menampung jamaah sebanyak 450 orang. Terima kasih kepada masyarakat dan para dermawan yang telah menyisihkan sebagian rezekinya utk pembangunan masjid Ar Rahman, semoga menjadi amal jariyah kita. Aamiin,” tutup Imam yang sebentar lagi alih tugas menjadi Karo Ops Polda Jambi.

Usai pelaksanaan peresmian, Masjid Ar Rahman untuk pertama kalinya langsung digunakan untuk sholat jumat berjamaah dengan khotib Ustadz Dr. H. Muhtadin Dg Mustafa, M.Hi yang juga Wakil Ketua MUI Kota Palu.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Wakapolda Sulteng Brigjen Polisi Drs. Nurwindiyanto, MM, Wakil Gubernur Sulteng H Rusli Baco Dg Palabbi S.Sos SH MH, Kepala Kanwil Agama Sulteng, para Pejabat utama Polda Sulteng, Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said, Kapolres Palu, Ketua Daerah Bhayangkari Sulteng Ny. Yuni Syafril Nursal bersama pengurus, tokoh agama dan personil Polda Sulteng.(ans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here