Terobosan Kades Hilimoasio Idanogawo, Melalui DD Bangun Jembatan Gantung

0
334

NIAS – Melalui anggaran dana desa TA.2019, terobosan Desa Hilimoasio Kecamatan Idanogawo Kabupaten Nias, berhasil membangun sebuah jembatan gantung.

Kepala Desa (Kades) Hilimoasio,
Tema’aro Hura menjelaskan, dalam beberapa tahun ini salah satu keresahan masyarakat melewati sebuah sungai yang begitu besar jika musim hujan yaitu sungai Idanogawo yang berlokasi di dusun III Hilimoasio. “Karena sungai ini satu-satunya yang menghubungkan jalan dari kecamatan Idanogawo menuju desa Hilimoasio serta penghubung desa lainnya seperti desa Sisobahili Iraono Hura dan desa Sisaratandawa Kecamatan somolo-molo,” ucapnya.

“Ada SD Hilimoasio dan SMP negeri 5 idanogawo yang berlokasi di desa Hilimiasio ini, yang siswanya dan para guru pendidik tiap hari melintas di sungai Idanogawo ini, sehingga kalau musim hujan para siswa tersebut tidak dapat mengikuti mata pelajaran,” ujarnya.

Maka pada tahun 2019 yang lalu, jelas Tema’aro Hura, pihaknya mengambil tindakan untuk memprogramkan pembangunan jembatan sungai Idanogawo ini melalui anggaran fisik APBdesa Hilimoasio TA.2019.

“Dengan dukungan pihak BPD, tokoh dan seluruh elemen masyarakat desa hilimoasio serta dukungan dari pihak dinas terkait dari kabupaten maka pembangunan jembatan tersebut bisa kami capai dan telah selesai pada tahun 2019 lalu. Seraya kades mengatakan, ada dua fisik kami pada APBdesa TA.2019 yaitu pembangunan jembatan
dengan volume pada RAB sepanjang 63 meter dan lebar 1,5 meter, namun dengan upaya kami serta pekerja sehingga mencapai 65 meter,” jelasnya.

Ia juga merincikan anggaran nilai fisik Rp.742.333.000, dan pembangunan jalan desa perkerasan jalan di dusun III sepanjang 130 meter, dan lebar 3 meter dengan anggaran Rp.155.313.000.

“Mungkin minggu depan akan kami laksanakan laporan realisasi musyawarah pertanggungjawaban APBdesa TA.2019. Saya berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat desa dan juga BPD yang telah bersama-sama dengan kami melakukan pengawasan, terlebih-lebih saya berterima kasih kepada pihak PMD Kabupaten Nias, pihak kecamatan serta dinas terkait lainnya yang telah mendukung program pembangunan di desa kami. Karna saya yakin tanpa dukungan dari berbagai pihak maka semua program kami tidak pernah tercapai,” tandas Tema’aro.

Terpisah, Pyacman Hura, masyarakat desa Hilimoasio saat ditemui awak media jejakfakta memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Hilimoasio atas terlaksanya pembangunan jembatan tersebut.

“Kami berterima kasih kepada pemerintahan desa, terlebih-lebih kepada kepala desa di mana dengan terbangunnya jembatan sungai Idanogawo yang berlokasi di dusun III Hilimoasio, kami sebagai masyarakat tidak terancam lagi kalau melewati sungai itu jika musim hujan, terlebih-lebih kepada anak-anak kami yang tiap hari melintas di sungai itu. Maka dengan terbangunnya jembatan, tidak lagi menjadi penghalang mereka mengikuti proses belajar ketika musim hujan,” singkatnya.(Makmur Gulo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here