Warga Pertanyakan Pelaksanaan Permohonan RDP Terkait Proses UGR Lahan Tol

0
466
Warga saat memasukkan permohonan RDP terkait proses UGR Lahan Pembangunan Tol Manado-Bitung

BITUNG – Masyarakat kelurahan Pateten Tiga kecamatan Maesa mengeluhkan lambannya proses surat yang belum juga mendapatkan disposisi terkait permohonan pelaksanaan Rapat Dengar Pendapat (RDP) di DPRD Bitung.

“Kami sudah memasukkan surat sejak 26 Februari, tapi hingga sekarang belum ada informasi terkait permohonan fasilitasi yang kami ajukan belum juga dijawab.,” ucap Mario Mamuntu yang juga anggota DPD JPKP Bitung saat ditemui awak media, Rabu (18/3/2020).

Mario menjelaskan permohonan Rapat Dengar Pendapat untuk menyikapi proses uang ganti rugi (UGR) sisa tanah yang terkena dampak pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung. “Kami mempertanyakan kepada Panitia Pembebasan Lahan Tol Manado-Bitung dan PPK terkait UGR sisa tanah yang hingga kini belum mendapat kepastian,” ujarnya.

Ia juga meminta DPRD Bitung untuk mempercepat proses pelaksanaan permohonan RDP tersebut. “Intinya sebagai masyarakat sangat butuh keadilan. Maka kami meminta agar wakil rakyat yang duduk di gedung kerucut agar memperhatikan dan menindaklanjuti aspirasi kami. Karena merekalah penyambung aspirasi rakyat,” tandas Mario.

Hal yang sama dikatakan Harsono Muhammad, salah satu warga kelurahan Pateten Tiga yang meminta kepastian pelaksanaan RDP tersebut. “Sudah hampir sebulan kami menunggu, tapi surat yang dimasukkan belum juga dijawab, kapan pelaksanaan RDP. Kami (masyarakat) butuh kepastian, karena selama tiga tahun ini kami menunggu janji dari Panitia Pembebasan Lahan Tol lebih khususnya PPK yang mengatakan akan membayar sisa lahan kami yang memang sudah tidak bisa lagi dimanfaatkan,” singkatnya.

Terpisah, Kabag Fasilitasi Pengawasan dan Penganggaran Sekretariat DPRD Bitung, Elen Kambey saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa proses surat permohonan RDP tersebut sudah dilaksanakan. “Surat itu sudah masuk ke Komisi I (Satu) yang membidangi hal tersebut. Tinggal menunggu disposisi pelaksanaannya,” ungkapnya.

Mantan Kasubag Humas DPRD Bitung ini, juga mengaku masih banyak aspirasi lain yang belum sempat dirapatkan. “Lagian sekarang kan ada surat edaran terkait pencegahan virus Corona hingga 31 Maret. Jadi sabar yah, tinggal menunggu konfirmasi,” singkatnya Ellen.(rpm/old)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here