Aktifitas Galian C Diduga Ilegal di Bolmut Jadi Ancaman Bencana

0
561
Aktifitas Galian C dan Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena

Bolmut, Sulut – Pasca Bencana Alam banjir bandang dan tanah longsor yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara meliputi kecamatan Sangkub, Bintauna, Bolangitang Barat dan Bolangitang Timur yang menyisakan trauma bagi masyarakat.

Kini kembali dihantui bencena akibat aktifitas Galian C yang diduga ilegal di Daerah Aliran Sungai Ollot Paku Sonuo yang sampai saat ini tetap melakukan pengambilan material.

Ketua Komisi III DPRD Bolmut Sartono Dotinggulo saat ditemui awak media, menyayangkan aktifitas tersebut. “Sebaiknya aktifitas Galian C tersebut dihentikan sambil menunggu RDP dengan pihak pengelola dan instansi terkait,” cetusnya.

Terpisah, Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa izin galian C adalah kewenangan pemerintah provinsi Sulawesi Utara. “Tentunya berbagai macam persyaratan yakni dari sisi Amdal sampai pada eksplorasi dan eksploitasi karena memang wilayah kita sangat rentan dengan ancaman bencana alam,” ucapnya.

Wabup juga menegaskan agar aktifitas tersebut dihentukan. “Kami meminta aktifitas galian C tersebut segera dihentikan. Jika tidak, akan berhadapan dengan hukum sesuai aturan yang berlaku dan pastinya berhadapan dengan masyarakat sekitar,” tegasnya.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here