KPU Bolmut Tetapkan 6 Calon PPS Tak Memenuhi Syarat

0
785
Anggota KPU Kabupaten Bolmut, Ismail Mobiliu

Bolmut – Pasca tanggapan masyarakat tahap kedua calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Tahun 2020. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar rapat pleno dan menetapkan 6 orang calon Anggota PPS dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

“Dari rapat pleno yang digelar bersama komisioner, Sabtu (21/3) kemarin, ada 6 (enam) orang dinyatakan TMS,” ungkap Anggota KPU Kabupaten Bolmut, Ismail Mobiliu kepada wartawan Minggu (22/3/2020).

Dijelaskan Ismail, dari hasil tanggapan masyarakat peserta yang TMS. Diantaranya, ada calon peserta yang tercatat sebagai anggota partai politik (Parpol) dan bisa dilihat dalam sistem aplikasi partai politik (Sipol). “Disamping itu, pernah menjabat dua periode sebagai PPS, ada juga peserta yang menjadi tim kampanye dan saksi Parpol,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan penetapan keenam calon PPS yang TMS telah melalui berbagai pemeriksaan dan kajian hukum sesuai syarat calon peserta PPS. “Peserta yang sudah TMS, sudah digantikan peserta lainnya sesuai dengan urutan hasil tes tertulis dan wawancara,” pungkas Ismail.

Dari penelusuran awak media, adapun keenam calon PPS yang ditetapkan TMS masing-masing di Kecamatan Pinogaluman, Kecamatan Kaidipang, Kecamatan Bolangitan Timur, Kecamatan Sangkub dengan satu calon peserta dan Kecamatan Bintauna dengan dua calon peserta yang dinyatakan tak memenuhi syarat.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here