Pemkab Bolmut Bakal Siapkan Anggaran Penanganan Covid C-19

0
412

Bolmut, Sulut – Lebih baik mencegah daripada mengobati, hal ini jadi komitmen Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dalam pencanangan Siaga Covid-19.

Tak berfikir lama, Pemkab Bolmut bakal menyiapkan anggaran demi keselamatan dan kenyamanan warga atas ancaman virus mematikan tersebut.

“Tim anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) saat ini sedang dalam perencanaan perubahan anggaran kaitan dengan pencegahan, penanganan dan pemulihan sebaran virus corona (covid-19),” ucap Sekda Bolmut DR. Drs. Hi Asripan Nani, MSi saat ditemui awak media jejakfakta, Kamis (26/3/2020).

Asripan yang juga Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Bolmut menuturkan pihaknya yang sementara merumuskan estimasi anggaran untuk penanganan virus corona senilai Rp 3,5 miliar yang akan digeser dari anggaran perjalanan dinas, nantinya akan diusulkan ke DPRD Bolmut.

“Kami berharap usulan tersebut dapat di respon oleh pihak legislatif agar penanganan virus Corona ini dapat segera teratasi dan mampu mengatasi kebutuhan medis secara aktif, masif dan terstruktur yang tentunya lebih terawasi,” terang Sekda.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Badan Anggaran DPRD Bolmut Suriansyah Korompot SH mengatakan sangat mendukung upaya eksekutif untuk melakukan perubahan anggaran.

“Intinya selama hal itu positif, saya rasa silahkan, inikan demi kemaslahatan dan kesejahteraan rakyat. Dan sudah jelas diterangkan dalam Permendagri Nomor 13 tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah wajib untuk disampaikan ke DPRD,” ujarnya.

Suriansyah juga menambahkan, agar pihak eksekutif dapat segera menyampaikan ke DPRD untuk dibahas bersama dengan Banggar DPRD. “Tentunya harus Rasional dan sesuai peruntukan dan mekanisme merujuk ke peraturan perundang-undangan. Jangan sampai kita salah, dan menjadi temuan BPK nantinya. Intinya harus cermat administrasi dalam hal pergeseran anggaran,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Sirajudin Lasena SE menjelaskan, pihaknya akan berkonsultasi dengan pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan RI terkait proses perubahan anggaran.

“Yang jelas kami akan mengikuti mekanisme aturan yang ada, sehingganya prosesnya tetap kami rasionalisasi baik data lapangan anggaran dan pertanggung jawabannya,” singkatnya.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here