Warga Desak Pemkot Bitung Segera Geser Anggaran Untuk Pencegahan Corona

0
411

Bitung, Sulut – Warga Kota Bitung mendesak agar Pemkot Bitung segera melakukan segera melakukan pergeseran anggaran untuk pencegahan virus corona atau covid-19.

Salah satu aktivis muda Kota Bitung, Martin Sompotan mengatakan pencegahan virus corona adalah hal yang urgent harus dilakukan Pemkot untuk melindungi masyarakat Kota Bitung.

“Tapi kenyataannya sampai hari ini belum ada tanda-tanda Pemkot akan melakukan pergeseran, padahap DPRD lewat Fraksi PDI Perjuangan sudah memberikan lampu hijau,” ucapnya, Jumat (27/3/2020) kepada sejumlah wartawan.

Martin menyatakan, Pemkot sangat lamban dan terlalu bertele-tele dalam melakukan pergeseran, padahal acuan aturan untuk melakukan pergeseran anggaran penanganan virus corona sudah ada.

“Apa Pemkot baru mau menggeser anggaran setelah ada warga Kota Bitung dinyatakan postif. Ini adalah urgent tapi sudah hampir seminggu belum juga ada tindakan pergeseran,” katanya.

Padahal kata mantan Ketua GMNI Kota Bitung, masyarakat saat ini sangat membutuhkan masker, hand sanitizer serta pengadaan bilik sterilisasi, cairan disinfektan dan peralatan APD bagi tenaga kesehatan juga bantuan sembako.

“Saat ini Pemkot hanya membiarkan masyarakat melakukan swadaya melakukan pencegahan tanpa ada upaya segera mengalokasikan anggaran,” pungkasnya.

Menanggapi apa yang disampaikan Martin, Ketua Banggar DPRD Kota Bitung, Aldo Nova Ratungalo tidak menampiknya.

Menurutnya, sampai hari ini belum ada informasi sama sekali kapan pihaknya akan duduk bersama membahas mata-mata anggaran yang akan digeser untuk pencegahan virus corona.

“Memang sangat lamban padahal saya sudah berapa kali mengingatkan tim anggaran pemerintah daerah dan kami menunggu untuk diadakannya rapat dalam rangka realokasi anggaran untuk penanganan covid 19,” ujar Aldo.

Ketua DPRD Kota Bitung ini mengaku tidak tahu persis apa yang menjadi kendala sehingga Pemkot belum mengajak bertemu membahas pergeseran, padahal sangat urgent.

“Setiap hari Pak Gubernur lewat partai terus mempressure agar segera dilakukan pergeseran anggaran pencegahan virus corona, tapi sayangnya Pemkot belum bereaksi,” ungkapnya.

Padahal kata dia, ada banyak mata anggaran yang sangat memungkinkan untuk digeser karena sifatnya tidak terlalu urgent dilakukan tahun ini.

“Harus diingat, realokasi anggaran bukan untuk kepentingan si A atau B, tapi semata untuk melindungi masyarakat Kota Bitung dari wabah corona dan kami harap Pemkot paham itu,” tandasnya.(old)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here