Usai Canangkan Penyemprotan Disinfektan, Bupati Bolmut Rakor Kepala Daerah se-Sulut Via Teleconfrence

0
771

Bolmut, Sulut – Salah satu upaya pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Desa PDTT RI dalam meminimalisir penyebaran virus corona, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menerbitkan Surat Edaran Menteri Desa Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai.

Surat edaran tersebut berisikan tentang petunjuk tatacara pencegahan penyebaran Virus Corona ditingkat desa. Surat edaran ini menjadi dasar bagi desa untuk melakukan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2020 dengan cara menggeser pembelanjaan bidang, dan subidang lain menjadi bidang penaggulangan bencana,keadaan darurat dan mendesak desa dan bidang pelaksanaan pemabanginan desa untuk kegiatan pada karya Deda (PKTD) sebagaimana di atur dalam Permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa.

Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19 bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara mencanangkan Penyemprotan Disinfektan di seluruh wilayah Kabupaten Bolmut, seperti di lokasi pasar perkantoran dan tempat-tempat yang berpotensi penularan virus corona (Covid 19), Selasa (31/3/2020).

Usai kegiatan tersebut, Depri langsung mengikuti yang diRapat Koordinasi dengan Forkompimda Provinsi Sulawesi Utara yang dipimpin Langsung Gubernur Provinsi Sulawesi utara Olly Dondokambey SE, lewat teleconference bersama Bupati/Wali Kota se-Sulawesi Utara, di ruang kerja Bupati Bolmut.

Dalam Rakor yang diselenggarakan secara online, Gubernur menekankan untuk perang melawan Virus Covid-19 secara aktif masif dan terstrukur.

“Dana desa segera digeser untuk anggaran penanganan Virus Corona sebagaimana instruksi Pemerintah Pusat,” tegas Olly.

Menanggapi instruksi Gubernur Sulut, Bupati Depri Pontoh melaporkan bahwa Pemkab Bolmut terus berkomitmen untuk melawan pencegahan penyebaran virus corona (Covid 19) dengan segenap kompenen yang ada agar Bolmut bebas dari ancaman penyebaran Virus corona ini.

“Kami siap menindaklanjuti instruksi pemerintah pusat dalam hal dukungan pembiayaan dan anggaran APBD tahun 2020 untuk digeser ke pos anggaran penanganan Virus corona,” ucapnya.

Menurutnya, Pemkab Bolmut sudah menyurati DPRD Bolmut (pemberitahuan) tentang alokasi anggaran yang dimaksud. “Pemerintah Desa se Kabupaten Bolaang Mongondow Utara segera melakukan action Plan untuk mengggunakan dana desa sesuai kebutuhan (force major) yang ada, dan mengedepankan koordinasi yang baik dan transparan dengan badan perwusyawaratan desa (BPD) untuk melakukan perubahan APBDesa menggeser pembelanjaan bidang sub bidang untuk kegiatan sosialisasi kesehatan kaitan pencebahan virus corona yang melibatkan unsur dan komponen masyarakat terkait lainya dan membentuk relawan desa pencegahan virus corona,” tandas Depri.

Sementara itu, Sekretaris Satgas Covid-19 Pemkab Bolmut DR. Drs. Hi. Asripan Nani Msi menjelaskan kaitan dengan rapat terbatas (Ratas) Bupati serta forum koordinasi pimpinan daerah (Forkompimda) Kabupaten Bolmut dan Gubernur bersama Forkompimda Sulut untuk segera menindaklanjuti edaran pemerintah pusat.

“Alhamdulilah, Pemkab Bolmut sudah membuat edaran Bupati sebagai tindaklanjut edaran Mendes PDTT yang juga merujuk pada pasal 40 ayat 1 huruf c peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa, Permen PDTT tentang pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi Nomor 11 tahun 2019, tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020, sebagai rujukan,” jelas Sekda.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here