Darurat Bencana Covid-19, Bolmut Masih Zona Aman

0
359
Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP dan Sekda Bolmut DR. Drs. Hi. Asripan Nani, Msi

Bolmut, Sulut – Mekanisme Penetapan Darurat Bencana apapun namanya itu harus tetap melalui kajian dan faktualisasi lapangan yang benar dan selalu mengedepankan koordinasi mulai dari pemerintah pusat juga pemerintah provinsi.

Saat ini Pemkab Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) terus melakukan penyusunan strategi pembiayaan operasional pencegahan Covid-19 dan bantuan sosial masyarakat.

Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Amin Lasena, MAP saat bersua dengan awak media jejakfakta, Jumat (3/4/2020), menjelaskan bahwa saat ini pemerintah dan masyarakat Bolmut masih dalam zona aman terhadap Virus Corona.

“Ini yang harus kita pertahankan, olehnya mari kita sama taati dan patuhi instruksi pemerintah. Saat ini juga tim anggaran Pemkab Bolmut sudah merampungkan rencana strategis pencegahan Virus Covid-19, bantuan sosial masyarakat serta dukungan anggaran untuk fasilitas penanganan seperti menyiapkan ruang isolasi pasien, penempatan tenaga medis yang sudah terlatih, APD (alat pelindung diri) serta insentif tenaga medis dan satgas lapangan Covid-19,” ucapnya.

Wabup juga mengatakan dibawah Nahkoda sang Bupati Drs. Hi. Depri Pontoh terus berupaya keras agar Bolmut akan aman dari penularan Virus Corona.

“Pemkab Bolmut akan menyiapkan kompensasi berupa bantuan sosial masyarakat untuk warga, dan untuk pengelolaan dana desa tetap fokus prorgram padat karya sesuai edaran kementerian desa,” tandas Amin Lasena.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara DR. Drs. Hi. Asripan Nani, Msi menerangkan bahwa saat ini dirinya selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) terus memacu perampungan anggaran yang dipersiapkan untuk penanganan, pencegahan Covid-19.

“Tentunya fokus dan mengedepankan strategi akurasi data yang jelas sesuai peruntukan dengan skala prioritas dan terkoordinasi dengan teman-teman DPRD Bolmut, Pemerintah Pusat dan Propinsi,” singkat Asripan.

Diberitakan juga, di ruang kerja Sekda Bolmut berlangsung Video Conference dengan kementerian dalam negeri yaitu Dirjen Otda, Dirjen BangDa dan Dirjen Bina keuangan.

Point yang menjadi bagian dari koordinasi adalah tentang alokasi anggaran untuk penanganan Covid 19, ketersediaan bahan pokok untuk kebutuhan masyarakat serta fasilitas pendukung tenaga medis seperti APD (alat pelindung diri) dan lainnya.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here