Tidak Semua Produk Penanganan Covid-19 Adalah Inisiatif Kepala Daerah, Ini Buktinya !!

0
385

Jakarta – Pemerintah Pusat terus menunjukkan komitmen dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal ini dibuktikan dengan adanya kembali, surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karniavan Nomor 440/2627/SJ terkait permintaan data penanganan Covid-19 yang ditujukan kepada Gubernur, Bupati dan Wali Kota se-Indonesia.

Dalam surat edaran tersebut, meminta kepada Kepala Daerah untuk mendata persediaan dan kebutuhan alat-alat kesehatan dan ketahanan pangan di lingkungan pemerintah daerah.

Adapun bunyi surat edaran yang dikeluarkan di Jakarta tanggal 30 Maret 2020 sebagai berikut;

Berkenaan dengan tindaklanjut penanganan Covid-19 di lingkungan pemerintah daerah teekait pendataan Kebutuhan Perlengkapan Penanganan Covid-19 dengan hormat disampaikan sebagai berikut :

1. Dalam rangka sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Daerah dalam penanganan dampak Pandemi Covid-19 di Indonesia, dipandang perlu mendata kebutuhan alat-alat kesehatan dan ketahanan pangan di lingkungan pemerintah daerah.

2. Sehubungan hal tersebut dimohon kepada Gubernur dan Bupati/Wali Kota ;
a. Mendata, memproyeksikan dan menginformasikan kebutuhan serta ketersediaan alat-alat kesehatan dan cadangan pangan mulai dari bulan April sampai dengan bulan Oktober 2020 di daerah masing-masing.
b. Data yang disampaikan, disamping kebutuhan penduduk masing-masing daerah yang ada saat ini, juga perlu memperhitungkan terjadinya pertambahan jumlah penduduk yang berpindah dari daerah lain.
c. Data kebutuhan alat-alat kesehatan dan ketahanan pangan yang perlu diinformasikan dan diproyeksikan sebagaimana terlampir.

3. Mengingat kebutuhan data dan informasi tersebut sangat diperlukan, mohon kiranya Gubernur dan Bupati/Wali Kota memyampaikan data dan informasi tersebut dan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Demikian disampaikan, atas kerjasama yang baikdiucapkan terimakasih.

Menteri Dalam Negeri
ttd
Prof. H. Muhammad Tito Karniavan, Ph.D

Menanggapi surat edaran tersebut, Ketua Umum Corong Aspirasi Rakyat (C.A.R) Indonesia, Romi Anenengo mengapresiasi Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin beserta para Menteri terkait komitmen dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 demi keselamatan rakyat Indonesia.

“Ini salah satu bukti kerja keras Pemerintahan Jokowi-Amin dalam mewujudkan keselamatan dan kesejahteraan rakyat. Inovasi dan terobosan terus dilakukan, baik dari pendataan hingga penyaluran bantuan,” cetusnya saat ditemui Sabtu (4/4/2020).

Romi menegaskan, masyarakat harus memahami, bahwa tidak semua produk penanganan Covid-19 adalah inisiatif Kepala Daerah. “Tidak semua, masyarakat harus paham. Dengan surat edaran Mendagri, ini menjadi bukti bahwa Pemerintah Pusat siap memfalitasi apa yang dibutuhkan oleh Pemerintah Daerah,” tuturnya.

Dirinya pun berharap, situasi dan kondisi ini jangan dipolitisir. “Kami berharap, nantinya bantuan yang diterima oleh pemerintah daerah dari pemerintah pusat ada transparansi. Berani mengatakan ya jika bantuan tersebut dari pemerintah pusat dan katakan ya bila memang itu produk inisiatif dari pemerintah daerah. Jangan sampai hal ini dijadikan senjata ataupun politik dalam pilkada. Ini cuma mengingatkan saja,” tandas Romi.(*/rpm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here