Padat Karya Tunai Desa Tuntaskan Kemiskinan

0
694

Bolmut, Sulut – Sebagai tindaklanjut edaran Menteri desa merujuk pada pasal 40 ayat 1 huruf C Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa dan ayat 2 tentang pengelolaan keuangan desa, Permen Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 11 tahun 2109 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020.

Dalam rangka pemberdayaan masyarakat desa di tengah merebaknya pencegahan virus corona. Desa menjadi Garda terdepan untuk menangkal sebaran corona namun sebagai sosial responsibility pemenrintah desa dan masyarakat harus saling mendukung agar keluar dari zona kemiskinan maka solusinya adalah membangun dari desa.

Kepala Desa Kuala kecamatan Kaidipang Drs. Herson Tonote saat dikonfirmasi awak media Jejakfakta menuturkan, saat ini sedang dalam kegiatan pembangunan jalan desa sebagai tindaklanjut musyawarah Desa bersama BPD pada ABPdes tahun 2020.

“Pekerjaan fisik jalan desa ini adalah bentuk transparansi keuangan desa yang dampaknya ke pemberdayaan masyarakat desa. Alhamdulilah hari ini seluruh masyarakat dilibatkan bahkan ibu rumah tangga saja dengan cangkul melakukan pengerukan timbunan jalan untuk mendapatkan upah,” singkatnya.

Siti Kaharu, warga desa kuala saat ditemui membenarkan kegiatan tersebut. “Dengan adanya kegiatan pembangunan jalan desa ini, saya dan warga lainnya mendapatkan pemasukan Rp 100 ribu sampai 150 perhari. Terimakasih kepada bapak Sangadi Kuala Herson tonote dan aparat serta BPD,” tukasnya.

Terpisah, Kadis PMD Fadly Tajudin Usup SE, Msi saat dikonfirmasi mengharapkan agar program Padat Karya Tunai Desa ini dapat dilaksanakan sesuai mekanisme aturan yang ada, dalam hal pengentasan kemiskinan.

“Saya juga menghimbau agar warga yang ikut bekerja, agar dapat memperhatikan Physical Distancing (menjaga jarak) saat melaksanakan aktifitas pembangunan jalan kaitan dengan Pencegahan Virus Corona,” tuturnya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Sangadi Kuala kecamatan Kaidipang yang action melaksanakan kegiatan anggaran Dana Desa dengan baik, transparan dan akuntabel,” tambah Fadly.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here