Tinjau Pengawasan Covid-19, Ini Temuan Komisi I DPRD Bolmut

0
760
Wakil Ketua Komisi I DPRD Bolmut, Hi. Djuldin Bolota, SIP

Bolmut, Sulut – Menyikapi informasi dan pemberitaan di media, terkait tidak efektifnya baik penjagaan hingga kesehatan para petugas Satgas Covid-19 Bolmut dalam pencegahan dan pengawasan terhadap virus corona.

Komisi I DPRD Bolmut meninjau pos penjagaan yang terletak di wilayah perbatasan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), baik wilayah timur maupun barat, untuk melihat langsung situasi dan kondisi terkini.

“Ada beberapa temuan yakni, penerapan standar operasional prosedur (SOP) belum tertib dan utamanya terkait gizi (kesehatan) para petugas Satgas Covid-19 Bolmut,” ucap Wakil Ketua Komisi I DPRD Bolmut, Hi. Djuldin Bolota, SIP, saat bersua awak media, Senin (6/4/2020).

Djuldin menuturkan, tidak efektifnya penjagaan tersebut terlihat antrian kendaraan dan kerumunan orang. “Ini sangat rentan terhadap penularan Covid-19. Disisi lain, kurangnya pelayanan gizi kepada para petugas Satgas Covid-19, dan yang paling inti adalah safety seperti alat pelindung diri (APD),” tukasnya.

Menyikapi hal itu, anggota legislatif lainnya, Mardan Umar menambahkan bahwa temuan ini akan ditindaklanjuti dengam instansi terkait.

“Temuan ini akan kami (Komisi I) tindaklanjuti bersama mitra kerja, yakni Dinas Kesehatan untuk mencari solusi demi efektifnya penjagaan guna pencegahan virus corona. Memang sangat tidak layak dan perlu dievaluasi,” tandasnya.

Selain Djuldin dan Mardan, Komisi I DPRD Bolmut yang juga ikut dalam kunjungan tersebut yakni, Budi Setiawan Kohongia dan Ramsuit Pontoh.

Sebelumnya, dalam pemberitaan jejakfakta, Wakil Ketua DPC FSBSI Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Abdul Kadir Hangkiho menilai para petugas Satgas Covid-19 Bolmut ikut ramai. Pasalnya para petugas tidak memakai APD yang tanpa disadari bisa saja terkena imbas ketika saat pemeriksaan ada warga yang terdeteksi terpapar Covid-19.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here