Kota Bitung Nihil PDP, Rapid Test Belum Akan Digunakan

0
1577
Update Data Covid-19 Dinas Kesehatan Kota Bitung (inzet : dr. Jeaneste Watuna)

Bitung – Pemkot Bitung telah menyiapkan rapid test Covid-19. Alat deteksi cepat paparan virus ini akan diprioritaskan untuk pasien dalam pengawasan (PDP). Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr. Jeaneste Watuna saat dikonfirmasi awak media via whatsapp, Selasa (7/4/2020).

“Alat rapid test tetap kami sediakan sambil menunggu suplai dari Pemprov Sulut. Untuk penggunaannya diprioritaskan kepada pasien dalam pengawasan dan orang-orang memiliki kontak erat dengan PDP tersebut,” ucapnya.

Namun karena di Kota Bitung belum ada catatan warga yang berstatus PDP, alat tersebut pun masih belum digunakan sampai saat ini. “Petunjuknya PDP. Kalau ODP (orang dalam pantauan), isolasi mandiri selama 14 hari, dan jika tidak ada gejala memburuk, ya sudah,” ujar Jeaneste.

Ia melanjutkan, cara penggunaan rapid tes adalah melalui cek darah. Darah pasien diambil sebagai sampel kemudian dicek di alat tersebut apakah positif Covid-19 atau tidak.

Untuk tingkat akurasinya, Jeaneste menyebutkan alat tersebut diperkirakan mencapai 65 persen. “Untuk itu, meski seorang pasien dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan rapid test, ia masih perlu melakukan pemeriksaan lanjutan melalui tes swab. Pemeriksaan rapid test ini hanya untuk screening awal saja. Kalau memang positif harus dikonfirmasi dengan swab,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, saat ini di Kota Bitung belum ada warga yang tercatat terjangkit Covid-19. Berdasarkan data Dinkes Kota Bitung, saat ini di Kota Bitung ada 8 orang dalam resiko rendah, 33 ODP dan 0 PDP.(rpm/old)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here