Informasi Simpang Siur Membuat Warga Paranoid, Jubir Covid-19 Kota Bitung Siapa?

0
876

Bitung, Sulut – Wabah Virus Corona (Covid-19) di Sulawesi Utara (Sulut) terus bertambah. Tak terkecuali di Kota Bitung, dampak virus mematikan ini mulai memberikan rasa takut kepada masyarakat.

Pasalnya, kesimpangsiuran informasi yang beredar di masyarakat menandakan pemerintah Kota Bitung tidak serius dalam penanganan Covid-19. Dampak yang ditimbulkannya pun cukup besar. Apalagi terkait stigma negatif kepada orang yang masih berstatus ODP, PDP, ataupun pasien yang telah dinyatakan positif.

Parahnya lagi, informasi maupun data terkait Covid-19 yang menjadi konsumsi publik tidak jelas. Hal ini dikarenakan Pemerintah Kota Bitung tidak memiliki juru bicara (Jubir) Covid-19 seperti daerah lain yang siap dengan pusat informasi satu pintu.

“Padahal, peran Jubir Covid-19 dalam menyampaikan informasi maupun data terkait Covid-19 di Kota Bitung ini sangatlah penting. Tujuannya tidak lain untuk memberikan informasi yang akurat dan tentunya valid untuk diketahui masyarakat. Supaya tidak menimbulkan ketakutan bagi masyarakat karena informasinya jelas,” ujar pemerhati pemerintahan Kota Bitung, Rendi Rompas, Jumat (10/4/2020).

Menurutnya, informasi ataupun data, dari Dinas Kesehatan ataupun Kominfo sebagai corong pemerintahan terkesan tidak berfungsi. Dikarenakan, sering bertolak belakang.

“Sebabnya apa? karena tidak ada pusat informasi yang bisa diakses masyarakat terkait penanganan Covid-19 ini. Yang terjadi sekarang ini sudah bisa kita lihat. Informasi yang bertebaran sanan sini tidak jelas. Apalagi Ketua Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 dalam hal ini Wali Kota Bitung sangat tidak mungkin akan setiap saat memberikan informasi kepada masyarakat karena tugasnya pasti sangat banyak. Untuk itu harus ada Jubir supaya informasi satu pintu bisa terus diakses,” pintanya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Bitung Heski Goni dirinya pun sangat kesulitan untuk mengakses informasi terkait Covid-19 di Kota Bitung.

“Harusnya Pemkot Bitung menyiapkan satu Jubir Covid-19 yang siap setiap saat jika kita ingin mengakses informasi. Agar pemberitaan yang kita sampaikan ke publik tidak menjadi bola liar di masyarakat. Pun, update-update data terkait Covid-19 ini bisa terus kita kabarkan,” ujarnya.

Dia berharap Wali Kota Bitung Maximilian J Lomban selaku Ketua Satgas Covid-19 Kota Bitung bisa secepatnya menunjuk soorang Jubir untuk menyampaikan informasi dan perkembangan Covid-19 ini.

“Secepatnya kita berharap Jubir Covid-19 sudah ada. Supaya kita tidak susah dalam mengupdate informasi untuk disampaikan ke masyarakat,” harapnya.(rpm/old)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here