Tiba Dari Surabaya, Satgas Covid-19 Bolmut Tegaskan Akan Periksa Kondisi Kesehatan Para Santri

0
866

Bolmut, Sulut – Sejumlah santri Pesantren Alfatah Bintauna Sangkub yang melakukan perjalanan ke Kota Surabaya, Jawa Timur beberapa pekan yang lalu saat ini telah tiba di Kota Manado melalui Bandar Udara Samratulangi, Jumat (10/4/2020).

Terkait kedatangan para santri tersebut, Kadis Keshatan Kabupaten Bolmut dr.Jusnan Mokoginta, Mars saat dikonfirmasi awak media membenarkan bahwa terdeteksi perjalanan rombongan anak-anak Pesantren Alfatah Bintauna Sangkub saat ini sudah landing di Bandara Samratulangi dan akan menuju Bolmut.

“Saya juga masih tunggu detail laporannya, yang jelas bagitu masuk perbatasan pasti akan discreening dan akan ditangani sesuai SOP yang ada. Dasarnya adalah fakta pemeriksaan dari petugas kesehatan yang sudah standbye, baik diperbatasan maupun RSUD Bolmut.

Jusnan juga menegaskan dirinya menginstruksikan, jika perlu akan dilakukan Rapid Test. “Sudah saya instruksikan. Kalau perlu Rapid Tes dan siapaun yang masuk Bolmut dari luar, apalagi para kedatangan Santri Bolmut yang terkonfirmasi dari daerah Zona Merah Kota Surabaya yang juga masuk wilayah transimisi Lokal Covid-19. Intinya, pasti akan ditangani sesuai SOP dan protokol kesehatan,” tandasnya.

Terpisah, Kabid Penyakit Menular Febianto Lumoto, SKM Dinkes Bolmut membenarkan kedatangan rombongan para Santri Bolmut. “Sudah saya koordinasikan dengan pak Kadis Kesehatan. Sesuai petunjuk beliau akan segera dilakukan pengecekan saat memasuki perbatasan Bolmut dan langsung di bawah Ke RSUD Bolmut untuk Rafid test selanjutnya di isolasi selama 14 hari untuk memastikan hasil positif tertular atau negatif,” ujarnya.

Febianto juga menambahkan, bahwa alat Rafid test saat ini sudah tiba di Bolmut. “Yah, kurang lebih 1.250 buah Rafid test,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I DPRD Bolmut, Hi. Djuldin Bolota saat dikonfirmasi berharap agar karantina wajib dilakukan. “Mereka berasal dari Zona Merah yang merupakan wilayah transmisi Lokal Covid-19, jadi wajib diperiksa,” tegasnya.

Djuldin juga meminta Pemkab Bolmut agar memperhatikan petugas Satgas Covid-19 baik insentif dan akomodasi. “Petugas Satgas Covid-19 agar diperhatikan, baik kelengkapan APD, asupan gizi serta insentif sebagai motivasi dan penghargaan kemanusiaan,” pungkasnya.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here