Anggaran Penanganan Corona Lambat di Bolmut, DPRD Dinilai Tidak Kompak

0
986
Karel Bangko, SH

Bolmut, Sulut – Syarat mutlak penanganan pencegahan bencana non alam Covid-19 adalah dukungan anggaran sarana dan prasarana yang hal ini memerlukan keseriusan dan komitmen lembaga DPRD sebagai lembaga yang diberikan kewenangan oleh undang-undang sebagai fungsi Budgeting. Hal ini disampaikan Mantan Ketua DPRD Bolmut, Karel Bangko, Minggu (12/4/2020).

Karel menilai lambatnya sebuah proses pergeseran anggaran Covid-19 di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) sebagai bukti bahwa DPRD saat ini tidak mampu mendelegasikan tugas dan fungsinya secara maksimal.

“Saya heran, masa belum ada persetujuan dari DPRD? padahal sudah dilakukan pergeseran anggaran. Dasar aturan mana seyogianya Bupati mengajukan pergeseran anggaran secara tertulis dengan besaran yang mau digeser dengan disertai kegiatannya ke DPRD,” ucapnya kepada awak media jejakfakta.

Lanjutnya, ketika pengajuan tersebut sudah dilakukan, kemudian ditindaklanjuti oleh DPRD dan menyurat secara resmi yang ditandatangani oleh Ketua DPRD yang mana DPRD telah menyetujui pergeseran anggaran yang diajukan. “Bukan DPRD mendesak rincian anggaran yang sudah digeser. Masih ada juga Aleg yang tidak paham aturan dan perlu banyak belajarlah,” tandas Karel yang juga mantan Ketua DPRD Bolmut 3 Periode.

Sementara itu, Sekretaris DPRD, Musliman Datukramat Spd, Msi saat dikonfirmasi menjelaskan DPRD sudah merampungkan semua yang menjadi kewajiban dan kewenangan DRPD.

“Saat ini sudah dirampungkan, sebelumnya kami memang telah menerima surat dari Bupati Bolmut, namun belum ada lampiran penjelasan rincian (tabel) terkait besaran anggarannya,” ujar Sekwan.

“Karena Surat edaran Kemendagari turun lagi sehingga tahapan pergeseran anggaran dilakukan 2 tahap dan untuk DPRD, sekretariat sudah mengalokasikan Rp60 juta anggaran Covid 19 pada tahap pertama dan masih ada lagi tahap kedua berikutnya,” terangnya.

Terpisah, Kepala BPKD Bolmut Sirajudin Lasena, SE, M.Ec.Dev menambahkan bahwa untuk pergeseran Anggaran khusus Penanganan Bencana Virus Covid 19 tahap pertama sudah rampung. “Khususnya untuk anggaran Pengadaan alat kesehatan, insentif tenaga medis dan anggaran taktis lainnya,” singkatnya.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here