Bolmut “Koleksi” 1 PDP Covid-19

0
569
Kepala Dinas Kesehatan Bolmut, dr. Jusnan Mokoginta, Mars saat menggelar jumpa pers terkait perkembangan terkini pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Bolmut, Senin (13/4/2020).

Bolmut, Sulut – Satu orang ditingkatkan statusnya menjadi pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), dr. Jusnan Mokoginta, Mars saat menggelar jumpa pers, Senin (13/4/2020).

Jusnan menjelaskan, sebelumnya pasien tersebut berstatus orang dalam pemantauan (ODP). “Perkembangan terkini terkait penanganan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, 1 (satu) orang berstatus ODP dinyatakan naik sebagai PDP. Hal ini sesuai pemeriksaan dokter ahli mengalami gejala sakit demam panas, batuk dan saat ini fokus di ruangan isolasi RSUD Bolmut,” ucapnya.

Jusnan menuturkan, terhadap pasien tersebut perlu ditindak lanjut dengan pengambilan sampel darah dan lendir. “Malam ini, sampel tersebut dibawa ke RSUP. Prof. Kandouw Manado, dan selanjutnya tinggal menunggu hasil,” jelasnya.

Menurutnya, PDP belum tentu dikatakan positif Virus Corona. “Kepada rekan media dan masyarakat agar kiranya menunggu hasil jangan panik, dan kita berharap agar hasilnya negatif dan pencegahan Covid-19 ini terkoordinasi dengan baik,” ujarnya.

Ditanyakan terkait isu penolakan pasien PDP asal Bolmut berjenis kelamin laki-laki yang merupakan warga Bintauna jenis kelamin laki laki yang sedianya akan dirujuk Ke RSUD Pombundayaan Kotamobagu, Jusnan menambahkan, bahwa pihaknya masih menunggu konfirmasi dari rumah sakit tersebut.

“Masih menunggu, untuk saat ini belum ada jawaban resmi dari RSUD Pombundayan sehingga RSUD Bolmut sigap dan fokus menangani pasien PDP di ruang isolasi. Saya sampaikan bahwa Kecamatan Bintauna masuk kategori tertinggi ODP di Kabupaten Bolmut, tapi Alhamdulilah semuanya kooperatif,” pungkasnya.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here