Ini Kata Satgas Covid-19 Bolmut Terkait Hasil Swab 2 PDP

0
1099
dr. Jusnan Mokoginta, Mars

Bolmut, Sulut – Hasil swab 2 pasien dalam pengawasan (PDP) yang menjadi sorotan warga karena tak kunjung diumumkan, akhirnya Satgas Covid-19 Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) angkat bicara.

Kepala Dinas Kesehatan Bolmut, dr. Jusnan Mokoginta, Mars menegaskan bahwa pihaknya belum menerima hasil tersebut. “Bukan tidak transparan, tapi memang kami belum menerima hasil tersebut. Harus diakui hasil swab covid-19 kali ini memang terlambat karena ada perubahan mekanisme pengumuman atau konferensi pers,” ucapnya kepada awak media via Whatsapp, Jumat (24/4/2020).

Menurutnya, hal tersebut berdasarkan petunjuk atau edaran resmi Gugus Tugas Nasional covid-19. “Pertama, hasil laboratorium yang kami kirim dari Dinas Kesehatan Provinsi diminta agar tidak tersebar (rahasia) sebelum adanya pengumuman resmi dari jubir nasional. Kedua, kami bertujuan untuk membagikan secara lisan agar tracing tracking lebih cepat diperluas dengan respon rapid bilamana rapid, dan swab jika harus swab,” jelasnya.

Maka untuk menindaklanjuti edaran tersebut, Jusnan mengatakan, pihaknya merubah mekanisme. “Jika sudah ada hasilnya, untuk secara lisan nantinya kami menginformasikan secara lisan via seluler. Dan untuk hasil tertulis akan disampaikan setelah ada pengumuman resmi dari Jubir Nasional,” katanya.

“Semoga dengan klarifikasi ini, semua pihak dapat bersabar menunggu. Pastinya, apapun hasilnya, kami siap umumkan secara lugas dan bertanggung jawab,” tambah Jusnan.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here