Diduga Ada Poktan “Siluman”, Bantuan Bibit Jagung di Bolmut Dipertanyakan

0
471

Bolmut, Sulut – Euforia petani di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dalam mengembangkan sektor unggulan pertanian khususnya Jagung, cukup diminati.

Namun sangat disayangkan masih terkendala dengan benih bibit dan pupuk, alhasil mayoritas petani gigit jari karena ketersediaan bibit dan pupuk yang bersumber dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Sulut tidak berdasarkan data lapangan, disebabkan banyaknya Kelompok Tani (Poktan) “Siluman” dan Poktan berstatus Ganda.

Salah satu petani, Aripin Datuela saat bersua dengan awak media jejakfakta, menyayangkan penyaluran bibit jagung yang tidak tepat sasaran.

“Ada informasi bahwa ada bantuan bibit jagung dari pemerintah, dibawa kemana bibit itu? Padahal kami sudah susah payah menyiapkan lahan, tapi hingga saat ini bibit gak muncul. Mau nunggu lagi bantuan selanjutnya, kami sudah rugi, kami minta pemkab Bolmut untuk memperhatikan nasib petani. Jangan pilih kasih,” geramnya.

Wakil Bupati Bolmut, Drs. Hi. Amin Lasena, MAP

Menyikapi hal ini, Wakil Bupati Bolmut, Drs. Hi. Amin Lasena, MAp saat bersua dengan media jejakfakta di rumah dinas, Minggu (26/4/2020), mengakui bahwa dirinya sudah banyak meneriĆ¾a laporan terkait hal tersebut. Bahkan, sudah dikonsultasikan dengan Pemprov Sulut.

“Sudah banyak laporan warga ke saya, dan hal ini sudah saya koordinasikan dengan Pemerintah Provinsi dalam hal ini Kadis Pertanian Pemprov Sulut Pak Novly Wowoling untuk bagaimana sama-sama memperbaiki data penerima bantuan sehingga tidak salah sasaran,” ucapnya.

Wabup menegaskan kepada instansi terkait, Camat dan Sangadi agar penyaluran bibit jagung harus tepat waktu dan tepat sasaran.

“Disalurkan pada musin tanam, dan penerimanya harus betul betul petani. Ada juga laporan masyarakat tentang penyaluran pupuk bahwa dalam kelompok tani, ada oknum-oknum Petani yang berperan ganda dalam beberapa kelompok. Ini sangat aneh? ini merugikan petani maupun program itu sendiri,” tegas Lasena.

Terpisah Kabid Pertanian Bolmut, Syafrudin Pontoh saat dikonfirmasi via Whatsapp menjelaskan, bahwa saat ini bantuan bibit jagung dari pemerintah pusat sementara disalurkan.

“Untuk tahap pertama, penyalurannya mulai dari kecamatan Pinogaluman hingga kecamatan Sangkub. Pendistribusian bantuan akan dilakukan dalam dua tahap, jadi mohon kepada Poktan yang belum dapat agar bersabar. Intinya penyaluran tetap akan kami upayakan secepatnya agar musim tanam dapat tercover seluruhnya,” singkatnya.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here