Paguyaman Pantai Intens Cegah Covid-19

0
817

Bualemo – Pembatasan sosial telah dilakukan oleh pemerintah pusat sebagai upaya penanganan wabah virus corona, sama halnya dengan pemerintah daerah lainnya. Hal serupa dilakukan Camat Paguyaman Pantai, Stieve DJ. A. Haliki S.STp.

Stieve saat ditemui awak media diruang kerjanya, meminta masyarakat Paguyaman Pantai yang berada di luar wilayah tersebut, untuk tidak kembali ke kampung halaman. “Kami dan lintas sektor baik Kepolisian, TNI dan Puskesmas serta pemerintah desa se kecamatan Paguyaman Pantai melakukan pendekatan secara persuasif kepada masyarakat agar melakukan isolasi mandiri. Isolasi mandiri yang dilakukan oleh masyarakat tersebut akan dipantau selama 1×24 jam oleh tenaga medis isolasi mandiri selama 14 hari,” ucapnya.

Pihaknya juga terus bersinergi bahu-membahu bersama pemerintah desa dalam penanganan penyebaran wabah pandemic virus corona, dilihat dari setiap perbatasan antar kecamatan, perbatasan desa, yang dimana paguyaman pantai terdiri dari 8 desa yaitu, desa Bubaa, desa Limbatihu, desa Bangga, desa Lito, desa Olibuu, desa Bukit Karya, desa Towayu, dan desa Apitalawu.

“Tiap desa mendirikan posko guna memantau keluar masuknya masyarakat. Ada beberapa masyarakat yang diisolasi di salah satu desa di wilayah Paguyaman Pantai yang baru saja balik dari luar daerah, dari Papua 1 (satu) orang, Kota Bitung 1 (satu) orang pemuda dan Bolmong satu keluarga,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Camat, sosialisasi juga dilakukan menggunakan mobil dan pengeras suara untuk menyampaikan hal-hal penting dalam pencegahan penularan virus corona.

“Sulitnya pengetahuan masyarakat terhadap virus mematikan ini, menjadi sebuah tanggung jawab besar pemerintah agar dapat menyadarkan masyarakat supaya tidak panik, akan tetapi tetap waspada, cuci tangan pakai sabun, gunakan masker, pola hidup sehat dan jaga jarak. Sektor Kepolisian kecamatan Paguyaman Pantai juga melakukan patroli malam guna mengamankan dan membubarkan kerumuan,” jelasnya.

Stieve berharap kepada lintas sektor Kepolisian, TNI, untuk terus bekerja sama dan bahu-membahu. “Apalagi status kita sudah dinaikan menjadi status darurat siaga untuk wilyah kabupaten boalemo. Kepada seluruh lapisan masyarakat Paguyaman Pantai baik tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh adat mari kita bekerjasama untuk mendukung dalam penanganan virus corona, serta tetap berdoa dan berihktiar dilakukan dirumah,” ajaknya.

“Tak lupa ucapan terimakasih atas nama masyarakat Paguyaman Pantai dan secara pribadi kepada Bupati Boalemo Darwis Mooridu yang telah ikhlas menyumbangkan gajinya selama 2 (dua) tahun guna membantu masyarakat yang terdampak akibat virus corona,” tambah Camat.(rzl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here