Warga Kecam Pelaku Pembuangan Limbah B3 di Pinggiran Sungai Sei Lekop

0
348

Batam, Kepri – Ketua Komunitas Peduli Sungai Sagulung, Aditya mengaku kecewa terhadap penemuan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang berserakan di Pinggiran Sungai Sei Lekop, Kecamatan Sagulung, Batam, Kepulauan Riau.

“Awalnya kami dapat informasi dari warga bahwa ada perusahaan yang diduga sengaja membuang limbah berbahaya di pinggiran Sungai Sei Lekop, setelah itu kami terjun langsung ke lokasi dan ternyata memang terlihat ratusan ton limbah B3 berserakan di daerah itu,” ucapnya saat bersua awak media, Senin (27/4/2020).

Aditya sangat menyayangkan perusahaan yang terkesan kebal hukum terhadap tindakan membuang limbah B3 di sembarang tempat. “Limbah B3 tersebut dari sisa sanblasting. Anehnya mengapa perusahaan tidak takut membuang limbah mereka di pinggiran sungai bahkan sampai ke bibir pantai. Ini sangat mengganggu dan tak bisa dibiarkan,” ujarnya.

Dirinya mengaku, sudah mengantongi nama Perusahaan yang melakukan pembuangan limbah tersebut. “Kami sudah mengantongi nama Perusahaan yang diduga telah melakukan pembuangan limbah sanbasting di bibir pantai Sungai Lekop,” cetusnya.

Ia pun menegaskan, pihaknya akan membuat laporan resmi terkait pembuangan limbah B3 ini. “Tindakan perusahaan ini adalah suatu kejahatan yang merugikan mahluk hidup termasuk manusia, Karena itu tindakan tersebut harus ditindak,” tegasnya.

Selain itu, Aditya menambahkan, Pembuangan limbah adalah bagian dari kejahatan pengrusakan lingkungan hidup yang melanggar UU UU no 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

“Kami meminta kepada pemerintah dan aparat hukum untuk menidaklanjuti hal ini. Jangan sampai kepentingan perusahaan malah merugikan orang banyak. Ini harus secepatnya ditindaki,” pungkasnya.(JF06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here