Awasi Penggunaan Dana dan Penyaluran Bantuan COVID-19, Warga Bitung Apresiasi Aparat Hukum

0
427

Bitung, Sulut – Langkah aparat penegak hukum, Kejaksaan Negeri Bitung, Polres Bitung dan Kodim 1310/Bitung yang berkomitmen dalam mengawasi realisasi penggunaan dana dan penyaluran bantuan terdampak COVID-19, mendapat apresiasi dari masyarakat Kota Bitung.

“Kinerja para penegak hukum di Kota Bitung patut diapresiasi, hal ini dilakukan agar tidak ada tindakan dan perbuatan penyelewengan dalam penggunaan maupun penyaluran bantuan COVID-19,” ucap salah satu Tokoh Pemuda Kota Bitung, Rendy Rompas, SH saat bersua dengan awak media, Jumat (1/5/2020).

Dirinya menyadari dana untuk menangani dampak bencana wabah COVID-19 di Kota Bitung cukup besar. “Sebelumnya, ada Rp25,2 Miliar, bahkan Pemkot Bitung kembali meminta untuk menggeser anggaran Rp81 Miliar. Realokasi dan refocusing kegiatan APBD 2020 ini sangat dibutuhkan pengawasan khusus,” tegasnya.

Rendy menambahkan, semua pihak perlu menyadari bahwa musibah COVID-19 yang terjadi saat ini memiliki dampak yang luar biasa terhadap ekonomi masyarakat. Tidak saja ancaman kesehatan, kondisi ini juga berdampak pada penghasilan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

“Jadi jangan ada niat untuk mencari keuntungan dalam situasi ini, masyarakat sudah susah. Kami akan benar-benar mengawasi, agar bantuan yang diberikan pemerintah memang tepat sasaran,” tandasnya.

Sementara itu, diberitakan sebelumnya, dalam rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Bitung menggelar rapat bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkot Bitung dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bitung, Senin (27/04/2020) lalu. Fraksi PDIP DPRD Bitung meminta transparansi terkait realisasi anggaran sebelumnya senilai Rp25,2 Miliar.

“Berapa pun jumlah anggaran yang diajukan TAPD pasti kami restui, asalkan alokasinya betul-betul untuk penanganan pencegahan serta melindungi masyarakat Kota Bitung dari wabah COVID-19. Kami harapkan TAPD atau Pemkot Bitung transparan ke publik soal realisasi anggaran di lapangan agar masyarakat ikut mengawasi penggunaannya,” ucap Ketua DPRD Bitung, Aldo N. Ratungalo dihadapan TAPBD Pemkot Bitung yang diketuai Sekot Audy Pangemanan.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Bitung, Geraldi Mantiri meminta semua warga Kota Bitung bisa tercover lewat bantuan sosial COVID-19 yang telah dianggarkan sebesar Rp 81Miliar.

”Dengan anggaran sebesar Rp81 Miliar Pemkot Bitung bisa memberikan bantuan bahan makanan kepada semua warga Kota Bitung di tengah wabah COVID-19,” kata Geraldi.

Menurutnya, dengan anggaran itu, Pemkot tidak ada lagi alasan untuk tidak membantu apalagi memilah-milah semua warga Kota Bitung yang terdampak COVID-19.

“Saat ini semua warga Kota Bitung wajib kita bantu karena semua terdampak, tanpa terkecuali dan kami harap dengan anggaran sebesar Rp81M semua masyarakat merasakan bantuan,” pungkasnya.(rpm/old)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here