Bupati Bolmut : Tingkatkan Kewaspadaan Covid-19 Wajib Kita Sadari Bersama

0
503

Bolmut, Sulut – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar konferensi pers di Posko Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19, Jumat (01/05/2020).

Bupati Bolmut Drs Hi Depri Pontoh juga Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Bolmut, dalam keterangan persnya mengatakan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), bertambah satu kasus positif Covid-19 dan pasien positif tersebut berasal dari Kabupaten Bolmut.

“Pasien positif Covid-19 nomor urut satu ini, jenis kelamin laki-laki umur 46 tahun, berasal dari Kelurahan Bintauna, Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolmut ,” ungkap Bupati.

Dimana pasien positif 01 Covid 19 ini lanjut Ketua Satgas Covid 19 Bolmut memiliki riwayat perjalanan dari bandara Sam Ratulangi Manado, pada tanggal 10 April 2020, tujuan menjemput rombongan santri dari pesantren Tomboro Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Dimana salah satu santri merupakan anak dari pasien 01 Positif Corona .
Setibanya di Kabupaten Bolmut, yang bersangkutan bersama rombongan langsung dikarantina oleh Tim Satgas Covid 19 Bolmut di ruang isolasi RSUD Bolmut.

“Setelah di isolasi bersangkutan dan rombongan santri Tomboro ditetapkan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) sejak diisolasi, bisa dikatakan pasien belum ada kontak langsung dengan orang lain selain rombongan santri,” ujar Bupati Bolmut.

Disampaikan juga Bupati pada tanggal 16 april 2020, oleh tim medis RSUD Bolmut, melakukan pengambilan Swab pertama kepada yang bersangkutan, dan tanggal 29 April 2020 Dinas Kesehatan Provinsi Sulut mendapatkan hasil swab melalui surat balai laboratorium kesehatan Makasar, yang menerangkan bahwa pasien tersebut terkonfirmasi positif sars Covid-2 atau dikenal dengan Covid-19. Ini menjadi pasien positif pertama di Kabupaten Bolmut.

“Saat ini pasien 01 positif Covid 19 tersebut sedang dirawat diruang perawatan Covid-19 RSUD Bolmut sesuai dengan protokol Covid-19,” pungkasnya.

Bupati juga mengimbau masyarakat Bolmut, agar tidak panik dan terlebih khusus untuk keluarga pasien, untuk tetap tenang, tidak panik dan lebih meningkatkan kewaspadaan dengan tetap berada di rumah lakukan sosial distancing.

“Mari tetap gunakan masker bila terpaksa keluar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga kebersihan lingkungan tidak melakukan perjalanan keluar daerah, menjaga kondisi daya tahan tubuh dengan berolahraga dan mengkomsumsi gizi yang seimbang,”tambah Bupati Bolmut.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here