Kisruh Pelayanan Kesehatan RSUD Bolmut, Ruang Isolasi COVID-19 Minta Dipindahkan

0
978
Anggota DPRD Bolmut Drs. Mulyadi Pamili, SH

Bolmut, Sulut – Pasca pengumuman pasien COVID-19 terkonfirmasi positif mengundang reaksi sejumlah tenaga medis dan pasien umum lainnya. Pasalnya, area lokasi pasien COVID-19 di RSUD Bolmut diduga tidak steril bahkan rawan akan penularan wabah Virus Corona.

Anggota DPRD Bolmut Drs. Mulyadi Pamili, SH saat bersua dengan awak media Jejakfakta, Jumat (1/5/2020) meminta agar gedung Isolasi Pasien COVID-19 dipindahkan.

“Jika mengacu ke protokol kesehatan, Gedung Isolasi COVID-19 tersebut belum layak. Fasilitas seperti Ipal, Ventilator serta Bilik Disinfektan belum memadai. Disamping itu, berdekatan dengan areal persawahan, petani merasa resah dan takut terkontaminasi,” ucapnya.

Menurutnya, gedung isolasi tersebut jauh dari pemukiman sehingga tidak menimbulkan dampak bagi masyarakat lainnya. “Kan ada anggaran yang digelontorkan untuk penanganan dan pencegahan COVID-19, kiranya Pemkab melalui Dinas Kesehatan bersinergi dengan RSUD Bolmut untuk mencari solusi agar masyarakat tidak resah dan panik dengan hal ini,” tandas Mulyadi.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Bolmut dr. Jusnan C. Mokoginta saat dikonfirmasi via Whatsapp sependapat dengan Mulyadi. “Iya, saya lebih sependapat jika Gedung Isolasi dipindahkan dari RSUD Bolmut, karena jika dibaurkan dengan pelayanan pasien umum dan COVID-19 dalam satu area maka berpotensi penularan cukup banyak,” ujarnya.

“Masukan dan saran dari beberapa pihak untuk segera memindahkan Gedung isolasi tersebut ketempat yang lebih aman Sesuai SOP Karantina dari sisi psikologis tenaga kesehatan, pasien umum dan pasien CoOVID-19 ini, terjadi pertentangan yang berdampak pada pelayanan kesehatan itu sendiri sehingga terkesan pelayanan kesehatan sangat Buruk,” tambah Jusnan.

Menyikapi hal ini, Jusnan akan menindaklanjuti permasalahan ini. “Segera akan dikoordinasikan dengan pimpinan, agar mendapat solusi terbaik dalam penanganan dan pencegahan COVID-19 ini. Saat ini kami sedang mencari solusi yang tepat untuk penempatan gedung isolasi yang eepresentatif,” pungkasnya.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here