Diduga SOP Pelayanan Kesehatan Amburadul, Direktur RSUD Bolmut Diminta “Mundur”

0
1518
Karel Bangko, SH (inzet : nampak APD dibiarkan berserakan)

Bolmut, Sulut – Kinerja pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dalam menangani pasien COVID-19, akhir-akhir ini jadi sorotan warga.

Pasalnya, dari pantauan sejumlah wartawan, Alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan setelah memeriksa pasien COVID-19, diduga hanya di buang sembarangan dan dibiarkan berserakan.

“Sangat disayangkan. Ada info terkait pelayanan RSUD yang terkesan amburadul dalam menangani COVID-19, yang diduga tidak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP),” ucap tokoh masyarakat, Karel Bangko, SH kepada sejumlah awak media, Minggu (3/5/2020).

Terkait bekas APD yang dipakai, Karel menegaskan, bahwa APD yang sudah digunakan dalam menangani pasien COVID-19 harus dimusnahkan. “Sesuai SOP nya harus dimusnahkan bukan di buang begitu saja. Ini harus sesuai dengan SOP,” jelasnya.

Dirinya meminta kepada Bupati Bolmut untuk segera mengevaluasi kinerja dari Direktur RSUD Bolmut. “Kami meminta agar Bupati memperhatikan hal ini dan segera evaluasi kinerja Direktur RSUD Bolmut. Kalau tidak mampu, silahkan mundur,” tegas mantan Ketua DPRD Bolmut.

Karel juga mengatakan, penanganan COVID-19 sangat urgent dan perlu diseriusi. Jadi lanjut dia, tidak ada kata menunggu. Karena semakin lalai dalam penanganan virus mematikan tersebut bisa berdampak sangat besar bagi kehidupan masyarakat.

“Tidak hanya itu, pengawasan di RSUD pun terkesan kurang disiplin dengan pasien yang sedang diisolasi ataupun dinyatakan positif. Saya juga menerima berbagai macam keluhan, termasuk para tenaga kesehatan dan petugas yang diperbantukan di perbatasan katanya honor mereka belum dibayarkan. Padahal mereka sudah mempertaruhkan keselamatan jiwa,” cetusnya.

“Maka sekali lagi saya tegaskan, evaluasi sangat perlu demi peningkatan dan perbaikan manajemen Pelayanan kesehatan di tengah Pandemi COVID-19,” tambah Karel.

Sementara itu, hingga berita ini dipublish, instansi terkait belum berhasil dikonfirmasi terkait hal ini.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here