Diduga Data Penerima BLT Desa Ollot Induk Bermasalah

0
397

Bolmut, Sulut – Polemik bantuan sosial (Bansos) sumber dari Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mulai bermunculan Seperti di Desa Ollot Induk, kecamatan Bolangitan Barat, dimana data penerima BLT Dana Desa sebesar Rp 600.000 diduga bermasalah.

Warga setempat mengeluhkan penerima bantuan tersebut adalah tergolong orang masih mampu. Tak hanya itu, hampir seluruh perangkat desa setempat, malah terdata untuk mendapatkan BLT Dana Desa tersebut.

Salah satu warga desa Ollot Induk, Popy Olii kepada awak media, Minggu (10/5/2020) sangat menyayangkan pendataan yang dilakukan oleh Pemdes Ollot Induk. “Buktinya yang banyak terdata perangkat desa, penerima PKH, dan orang-orang yang mempunyai mobil dan penghidupan yang layak,” ucapnya.

Anehnya kata Olii, data penerima BLT Dana Desa yang dipajang di Kantor Desa Ollot Induk, ada nama penerima yang sudah meninggal. “Kami atas nama masyarakat desa Ollot Induk meminta kepada Sangadi Ollot Induk, untuk kembali mendata dan memperbaiki penerima BLT Dana Desa agar tepat sasaran,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Desa Ollot Induk Djamal Latodjo saat bersua dengan awak media jejak fakta mengakui ada kesalahan pendataan penerima BLT tersebut.

“Terima kasih atas kritikan serta saran, sekaligus sebagai kontrol kepada kami, Pemerintah desa. Memang ada kesalahan data di lapangan, saya dan jajaran pemerintah desa akan segera menjadwalkan penyaluran bantuan BLT DD pada hari selasa dengan catatan aparat desa, BPD pegawai Negeri/pensiunan yang tercatat namanya sebagai penerima BLT akan saya pending dulu sambil melakukan langkah-langkah perbaikan data seraya berkoordinasi dengan Pemerintah kecamatan dan Dinas PMD,” jelasnya.

Djamal pun berharap semua warga mendapatkan bantuan sosial dampak COVID-19. “Untuk saat ini ada 264 KK di desa Ollot Induk sudah tercover melalui bantuan sosial dari pemerintah pusat, provinsi maupun pemkab,” pungkasnya.

Menyikapi hal ini, Kepala Dinas PMD Pemkab Bolmut, Fadly T. Usup, SE MSi menjelaskan pihaknya sudah mempertegas mensosialisasikan secara teknis maupun administrasi agar pelaksanaan penyaluran bantuan sosial ini berjalan dengan aman dan lancar.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here