Pelaksanaan Sholat Ied, Gugus Tugas COVID-19 Serukan di Rumah, DMI Bitung Nyatakan di Masjid

0
1433

Bitung, Sulut – Gugus tugas percepatan penanggulangan COVID-19 Kota Bitung akhirnya mengeluarkan surat seruan terkait pelaksanaan kegiatan di hari Idul Fitri 1441 Hijriah.

surat seruan Gugus tugas percepatan penanggulangan COVID-19 Kota Bitung terkait pelaksanaan kegiatan di hari Idul Fitri 1441 Hijriah.

Surat yang ditandatangani Wali Kota Bitung, Kapolres, Dandim 1310 Bitung, Ketua Pengadilan Negeri dan Danyon Marhanlan Bitung, menyerukan pelaksanaan pawai malam takbiran keliling ditiadakan dan hanya diperbolehkan melaksanakan takbiran yang dihadiri dua atau tiga orang di masjid atau musholah dan pelaksanaan Sholat Idul Fitri yang biasanya dilaksanakan di masjid atau lapangan agar dilaksanakan di rumah bersama keluarga inti saja serta menghimbau untuk tidak melaksanakan Open House.

Surat Edaran Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bitung

Sementara disisi lain, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bitung yang ditandatangani Ketua Hasan Suga dan Sekretaris Yanto Mandulangi menyatakan, warga muslim bisa melaksanakan Sholat Idul Fitri di Masjid. Itu didasarkan pada fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 28 tahun 2020 tentang panduan kaifiat takbir dan Sholat Idul Fitri saat wabah COVID-19.

Dalam edaran DMI Kota Bitung adapun yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan Sholat Idul Fitri yakni mengikuti protap COVID-19. Diantaranya, menyiapkan tempat cuci tangan, penggunaan masker, pengukur suhu badan, jaga jarak dalam shaff, tidak bersalaman, meringkas bacaan khutbah dan memilih surah yang pendek, pelaksanaan sholat berjamaah dikhususkan untuk jamaah yang berada di wilayah keimanan tersebut.

“Mengacu pada salah satu poin dari fatwa MUI Pusat, dimana sholat Ied tetap bisa dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Sedangkan ada daerah yang sudah melaksanakan PSBB dan masuk zona merah tapi masih bisa melaksanakan sholat Ied, lalu kenapa Bitung tidak boleh,” tegas Hasan Suga kepada sejumlah awak media, Selasa (19/5/2020).(rpm/old)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here