Kades Sisobahili Huruna Diduga ‘Lecehkan’ Camat Onohazumba

0
1585

Nias Selatan – Warga Sisobahili Huruna menyoroti sikap kepala desanya, Haogosokhi Halawa yang diduga melakukan keributan, penganiayaan serta penghinaan terhadap Ketua BPD Bezaro Halawa.

Hal ini dibuktikan saat Camat Onohazumba Kabupaten Nias Selatan, Onekhesi Halawa melaksanakan pertemuan terkait pengaduan warga tentang dugaan perbuatan kepala desa Sisobahili Huruna, di Kantor Camat Onohazumba, Jumat (29/5/2020).

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Desa Sisobahili Huruna, Haogosokhi Halawa diduga melecehkan Camat Onohazumba. Pasalnya undangan pertemuan yang dipimpin langsung oleh Camat, sang kepala desa tidak hadir bahkan hanya mengutus perangkat desa untuk menghadiri pertemuan tersebut.

Berbagai keluh kesah masyarakat disampaikan langsung kepada Camat. “Pak kenapa yang tidak di undang hadir, sementara yang di undang tidak hadir, ada apa ini? terkesan beliau (kepala desa) tidak menghargai Camat Onohazumba. Kami masyarakat menyerahkan keputusan kepada camat apakah di lanjutkan pertemuan ini atau tidak,” ucap Ponius Waruwu, salah satu warga.

Hal lain juga dikatakan, Rudina Halawa salah satu masyarakat pelapor dari keterwakilan perempuan menyampaikan bahwa mereka tidak mau lagi dipimpin seorang Kepala Desa yang diduga mempunyai perilaku tak terpuji.

“Kami masyarakat pelapor tidak mau lagi jika Haogosokhi Halawa menjadi kepala desa Sisobahili Huruna, karena terkesan kasar, arogan, menfitnah serta tidak mendengar pendapat masyarakat. Saya secara pribadi memohon kepada Camat agar mengutus salah satu perangkat kantor camat menjadi Plt kepala desa hingga situasi ini kembali aman dan kondusif,” cetusnya.

Sementara itu, dihadapan Camat, Ketua BPD Desa Sisobahili Huruna Bezaro Halawa menyampaikan kekesalannya terhadap sikap kepala desa yang seharusnya menjadi contoh bagi warga.

“Masyarakat benar-benar sangat terzolimi atas sikap dan perilaku kepala desa. Maka kami pihak BPD mendukung sepenuhnya laporan masyarakat demi kemajuan roda pemerintahan Desa Sisobahili Huruna,” geramnya.

Menyikapi hal ini, akhirnya pertemuan tersebut ditunda dikarenakan kades Sisobahili Huruna, Haogosokhi Halawa (terlapor) tidak hadir dalam rapat tersebut.

Dari pantauan awak media, usai rapat trrsebut terlihat warga sangat kecewa dengan penudaan rapat tersebut. “Pastinya sangat kecewa, mana rasa tanggung jawab dari kepala desa. Kalau memang dia tidak pernah melakukan silahkan hadir, bukan malah menyuruh perangkat desa untuk menghadiri pertemuan. Apa mau sembunyi di balik kesalahan?. Laporan akan kami lanjutkan ke Bupati Nias Selatan,” teriak warga.

Hingga berita ini dipublish, Kepala Desa Sisobahili Huruna, Haogosokhi Halawa belum berhasil dikonfirmasi awak media terkait hal ini.

Pada pertemuan tersebut, juga dihadiri, Sekcam Onohazumba, Kapolsek Lolowa’u, perwakilan Danramil Lolowa’u dan para pelapor perwakilan masyarakat.(hry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here