Apa Kabar Universitas Bolmut, DPRD Pertanyakan Pemanfaatan Dana Hibah Pemkab

0
739
Wakil Ketua DPRD Saiful Ambarak, Spd.i dan Sekretaris Daerah Bolmut DR. Drs. Hi. Asripan Nani, Msi

Bolmut, Sulut – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) sejak tahun 2018 telah menandatangani kerjasama di bidang Pendidikan.

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan langsung oleh Bupati Bolmut, Drs Hi Depri Pontoh dan Rektor UNG Prof DRM Syamsu Qamar Badu, MPd bertempat di Gedung Lantai III Rektorat UNG Provinsi Gorontalo, beberapa waktu lalu.

Kabar gembira ini pun disambut baik oleh segenap elemen masyarakat, dimana generasi penerus bangsa di Kabupaten Bolmut akan segera melanjutkan studi perguruan tinggi di daerah sendiri tanpa pergi menimba ilmu ke luar daerah.

Namun jelang tahun ajaran baru 2020, Universitas yang dipersiapkan Pemkab belum terpantau dengan geliat penerimaan mahasiswa. Hal ini pun membuat DPRD Bolmut angkat bicara.

“Iya, saya sangat prihatin sudah 2 (dua) tahun berlalu realisasi dan tindaklanjut dari pemanfaatan dana hibah pemkab yang terkesan masi belum action, plan yang jelas seperti anggaran hibah perguruan tinggi dan NPHD tanah hibah Polres Bolmut yang sampai saat ini belum ada geliat pemanfaatan ataupun realisasi pembangunannya,” ucap Wakil Ketua DPRD Saiful Ambarak, Spd.i saat bersua dengan awak media jejak fakta, Minggu (31/5/2020).

Dirinya mengaku, banyak mendengar aspirasi masyarakat terkait tindaklanjut dari keberadaan Universitas di Bolmut. “Banyak pertanyaan dan pernyataan saya terima terkait kapan pelaksanaan sebagai tindaklanjut MoU dengan pihak UNG segera di realisasikan,” katanya.

Menurut Ambarak, mengingat situasi dalam pandemi COVID-19, tiap daerah memberlakukan kebijakan pembatasan aktifitas sosial masyarakat. Hal ini kata dia, tentu akan berdampak pada calon mahasiswa yang akan melanjutkan studi karena universitas yang ada saat ini hanya berada di luar daerah, baik Manado maupun Gorontalo.

“Saya juga berharap semua tanah hibah yang telah dibebaskan oleh Pemda seperti tanah hibah kantor Polres Bolmut dapat segera dimanfaatkan sesuai rencana baik, Polres Polda dan Mabes Polri karena sangat disayangkan jika anggaran hibah miliaran rupiah APBD bolmut ini tidak dimanfaatkan dengan cepat dan tepat karena pada akhirnya publik sangat membutuhkannya,” tukasnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah Bolmut DR. Drs. Hi. Asripan Nani, Msi mengakui adanya keterlambatan operasional Universitas Bolmut. “Iya, terimakasih atas masukan dari teman-teman DPRD, memang harus diakui ada sedikit keterlambatan, namun saat ini kami dari pemkab terkendala dengan izin operasional yang saat ini lagi berproses,” ucapnya.

Asripan menjelaskan, Universitas Bolmut menjadi prioritas dan rencana strategis Pemkab Bolmut. “Sebenarnya tahun pada ajaran baru ini perguruan tinggi di Bolmut sudah menjadi rencana strategis dan prioritas kami untuk segera membuka penerimaan mahasiswa baru namun karena terkendala dengan persoalan bencana alam dan bencana non Alam (COVID-19) mengakibatkan semua program rencana terdampak dan harus menyesuaikan dengan kondisi dan situasi yang ada. Kami akan terus memaksimalkan agar secepatnya izin operasional Universitas Bolmut segera terbit,” jelasnya.

“Kemudian untuk hibah tanah pembangunan kantor Polres Bolmut pada prinsipnya tinggal menunggu anggaran pembangunannya saja. Hal ini sudah menjadi domainnya institusi kepolisian,” tambah Sekda.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here