Astaga !! Puskesmas Buko Ditutup, Ada Apa?

0
422
Wakil Ketua DPRD Bolmut, Drs. Salim Bin Abdullah dan Kepala Puskesmas Buko Arfan Masuara, SKM

Bolmut, Sulut – Tak ada angin, tak ada hujan, tiba-tiba dikagetkan dengan penutupan sementara pelayanan kesehatan di Puskesmas Buko.

Hal ini dibuktikan, adanya pengumuman terhadap pelayanan kesehatan, persalinan, Poli, UGD dan Rawat inap sementara diarahkan ke puskesmas Tuntung, Kamis (4/6/2020). Penutupan Puskesmas Buko sontak membuat DPRD angkat bicara.

“Iya, saya juga terkejut dengan penutupan Puskesmas Buko. Ini ada apa tiba-tiba ada seluruh tenaga kesehatan di puskesmas tersebut diisolasi mandiri,” ucap Wakil Ketua DPRD Bolmut, Drs. Salim Bin Abdullah saat bersua dengan media ini.

Dirinya mempertanyakan nasib para pasien yang sementara dalam perawatan, baik pasien inap maupun pasien rawat jalan. “Apa perlu di Rapid tes, saya meminta kepada Satgas COVID-19 dan Dinas Kesehatan untuk menjelaskan alasan penutupan puskesmas buko jangan memunculkan kepanikan di tengah masyarakat karena sampai saat ini belum terdengar atau melihat faktualisasi Pasien COVID-19 yang terkonfirmasi di Puskesmas Buko,”tegas SBA sapaan akrabnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Buko Arfan Masuara, SKM saat dikonfirmasi via seluler membenarkan penutupan fondasi pelayanan kesehatan di Buko. “Iya, terkait dengan pengumuman saya di media sosial hal itu dilakukan untuk membendung dan mendeteksi penularan virus corona karena saat ini di Puskesmas Buko ada salah satu tenaga kesehatan dipastikan terkonfirmasi positif,” tuturnya.

Menurut Arfan, pihaknya tidak bisa mengumumkan langsung karena sesuai protap yakni menunggu pengumuman Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Sulut dan Satgas COVID-19 Bolmut.

“Inisiatif ini saya lakukan untuk meminimalisir penularan COVID-19. Perlu saya jelaskan juga bahwa tenaga kesehatan tersebut sudah dijemput oleh petugas kesehatan dan sudah dibawah ke RSUD Bolmut,” pungkasnya.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here