Inspektorat Bolmut Terus Monitoring Dana Bansos

0
605
Kepala Inspektorat Bolmut, Dra. Moillom Pontoh dan Wakil Bupati Bolmut, Drs. Hi. Amin Lasena, MAP

Bolmut, Sulut – Surat edaran Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 700/1101/IJ, tentang pengawasan penyaluran bantuan sosial penanganan COVID-19.

Dimana Mendagri meminta kepada Inspektur daerah untuk melakukan pembinaan dan pengawasan berorientasi pada mitigasi resiko dan pencegahan pelaksanaan Penyaluran Bantuan sosial Penanganan COVID-19.

Hal ini pun langsung ditindaklanjuti oleh Inspektorat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). “Edaran Menteri Dalam Negeri tersebut telah kami laksanakan, saat ini sedang melakukan monitoring lapangan,” ucap Kepala Inspektorat Bolmut, Dra. Moillom Pontoh saat dikonfirmasi via seluler, Minggu (7/6/2020).

Moilom pun menambahkan, pihaknya akan melakukan pelaporan terkait anggaran bantuan sosial (bansos) sebelum batas waktu yang ditentukan.

“Insya Allah batas asistensi pelaporan anggaran bantuan sosial penanganan COVID-19 segera rampung dan akan di kirim ke provinsi sampai ke pemerintah pusat, deadline pelaporan dan asistensinya batas tanggal 9 juni 2020,” tandasnya.

Terpisah Wakil Bupati Bolmut, Drs. Hi. Amin Lasena MAP saat bersua dengan media jejak fakta menjelaskan sejak awal kabupaten Bolmut sudah memvalidasi data serta pengawasan penyaluran pun sudah dilaksanakan.

“Identifikasi dan validasi data calon penerima bantuan dicermati dan diteliti secara faktual, bahkan melibatkan (pendampingan) oleh pihak Kejaksaan, TNI/Polri, dan DPRD Bolmut untuk turut menyaksikan penyerahan dan penyaluran bansos masyarakat dampak COVID-19,” ujarnya.

Oleh karena itu, Lasena menjamin terkait penganggaran dan penyaluran bansos di Bolmut tak bermasalah.

“Sejak awal kami pemerintah daerah sudah mengingatkan kepada para pelaksana teknik di lapangan untuk berhati-hati dan disiplin. Intinya bencana boleh darurat tapi pertanggungjawaban tidak boleh darurat, sehingga pemerintah daerah dalam hal ini Inspektorat terus melakukan asistensi secara intensif dan fokus pada penyaluran bansos penanganan COVID-19, baik bantuan yang bersumber dari APBN, APBD maupun APBDes,” pungkas Wabup.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here