Praktisi Kesehatan Ini Sebut Kontak Erat Pasien COVID-19 Wajib Isolasi

0
574

Bitung, Sulut – Praktisi kesehatan, dr. Sunny Rumawung mengingatkan pentingnya protokol isolasi demi mencegah penularan covid-19 makin meluas.

Terutama kata dia, orang-orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien positif covid-19, wajib hukumnya melakukan isolasi.

“Orang yang berstatus kontak erat dengan pasien positif punya potensi untuk tertular. Karena itulah demi mencegah tidak meluas isolasi atau karantina perlu dijalani,” kata Sunny, Selasa (9/6/2020).

Apalagi kata Sunny, jika sudah melalui tracing, sebaiknya langsung isolasi mandiri sambil melakukan rapid test.

“Dan kalau pun hasilnya non reaktif, harus dilakukan lagi rapid test dengan jarak 7-10 hari,” katanya.

Melakukan isolasi menurutnya, bisa secara mandiri ataupun menetap di rumah singgah yang sudah ditentukan, dan selama itu jika hasil rapid testnya reaktif wajib melakukan swab test.

“Selama diisolasi harus diawasi secara ketat oleh tim medis. Tidak boleh melakukan kontak dengan orang lain sambil menunggu hasil pemeriksaan. Karena perlu diketahui, makin bertambah kasus positif salah satunya disebabkan oleh pelaksanaan isolasi yang gagal. Disuruh melakukan isolasi mandiri tapi tidak dijalankan dengan baik. Akibatnya begitu orang tersebut positif maka yang kontak dengannya akan ikut tertular,” jelasya.

Apa yang disampaikan Sunny didukung Direktur Utama RSUD Kota Bitung, dr Pitter Lumingkewas yang menyatakan, jika ingin lebih efektif yang harus dilakukan adalah isolasi non mandiri.

“Kalau mandiri kemungkinan tidak efektif karena pengawasan kurang. Disamping itu bisa juga berdampak ke orang lain kalau dilakukan di rumah sendiri tapi bersama keluarga. Jadi kalau mau efektif harus di rumah singgah supaya protokolnya diikuti semua,” kata Pitter.

Sementara itu, desakan melakukan isolasi muncul setelah tertularnya salah satu tenaga kesehatan di Kota Bitung yang diketahui sangat aktif mengikuti kegiatan-kegiatan seremonial Pemkot Bitung.(rpm/old)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here