Tim 9 KMP-4 Siap Laporkan Dugaan Penyelewangan Anggaran COVID-19

0
753

Bualemo – Hiruk pikuk di tengah pandemic COVID-19 tidak menyurutkan semangat Kesatuan Mahasiswa dan Pelajar Pemerhati Paguyaman Pantai (KMP-4) dalam mengawal dan mengawasi anggaran pencegahan dan penanganan COVID-19 di kecamatan Paguyaman Pantai.

Buktinya, tim yang dinahkodai Adrian Hasan melakukan manuver dengan menggelar audensi dengan para kepala desa se kecamatan Paguyaman Pantai, beberapa waktu lalu.

“Gerakan ini tentunya sebagai langkah Partisipatif dari mahasiswa yang peduli terhadap tatanan desa pada khususnya dan kecamatan pada umumnya,” ucap Adrian.

Terkait audensi, dirinya mengungkapkan, dari hasil audinesi antara kepala-kepala desa dan mahasiswa mendapatkan titik terang atas beberapa penjelasan dari kepala-kepala desa terkait anggaran COVID-19 dengan memberikan data sebagai bukti bahwa adanya transparansi anggaran.

“Sangat jelas transparansinya, hal ini diatur dalam UU Desa No. 6 Tahun 2014 Pasal 69, walaupun memang fakta di lapangan ternyata masih banyak kesimpangsiuran informasi antara pemerintah dan masyarakat, tapi sudah diselesaikan, karena sosial kontrol lebih utama dalam situasi pandemic saat ini,” ungkapnya.

Khusus di desa Limbatihu, Adrian menyebutkan, menurut survey yang dilakukan pihaknya, masih menemukan pendistribusian APD dan semacamnya tidak merata.

“Sungguh ini memaksakan kegentingannya, Kami tidak perlu mempertanyakan kembali kepada kepala desa yang bersangkutan, melainkan akan kami laporkan ke pihak yang berwajib. Sebab pernyataan sebelumnya pada saat audiensi bahwa semua bantuan penanganan COVID-19 sudah didistribusi tapi ternyata tidak sesuai dengan apa yang disampaikan,” tandasnya.

“Kami dari TIM9 KMP-4 dengan tegas akan menindaklanjuti segala persoalan penyelewengan dan tentunya akan dilaporkan ke pihak yang berwajib berdasarkan bukti yang akurat,” tambah Adrian.(rizal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here