Dampak Pandemi COVID-19, UNG Berikan Dispensasi Pembayaran UKT

0
543

Gorontalo – Pembayaran UKT mahasiswa lama Universitas Negeri Gorontalo (UNG) resmi dibuka mulai Rabu (10/6/2020) kemarin dan akan rerakhir sesuai dengan kalender akademik UNG pada tanggal 10 Juli 2020.

Dengan dibukanya Pembayaran UKT adalah tanda akan dimulainya semester ganjil tahun Ajaran 2020-2021 di UNG. Proses pembayaran UKT merupakan tahapan awal yang harus dilakukan mahasiswa lama guna mengaktifkan kembali status sebagai mahasiswa di semester berjalan.

Pembayaran UKT Semester Ganjil tahun ajaran 2020-2021 agak berbeda Karena diperhadapkan dengan situasi tanggap darurat bencana non alam pandemi COVID-19.

Melalui Surat Edaran Nomor : 1601/UN47/KU/2020, Rektor UNG terpilih Dr. Eduart Wolok, ST MT memberikan Dispensasi biaya pendidikan tahun akademik 2020/2021 dan mengkategorikan menjadi 4 kelompok penyesuaian, yaitu:

1). Penyesuaian Biaya Pendidikan UKT/SPP ( Penurunan/pengurangan UKT/SPP karena dampak pandemi covid-19 bagi semua kelompok/kategori UKT/ SPP.

Mahasiswa orang/tua wali meninggal dunia atau usaha orang tua/wali mengalami penurunan luar biasa/bangkrut karena covid-19, akan mendapatkan penurunan satu tingkat kelompok UKT bagi kelompok (2,4,5,6,7,8), Pengurangan UKT 25% untuk kelompok 3, dan pengurangan 25% untuk mahasiswa angkatan 2014-2019 jalur masuk seleksi mandiri.

2). Pembebasan sementara ( Karena dampak pandemi Covid-19) Bagi kelompok 1 dan 2 UKT.

Memberikan alasan dan bukti yang dapat diterimah terkait dengan tingkat kemampuan ekonomi pada jangka waktu tertentu karena dampak covid-19, mahasiswa akan mendapatkan pembebasan UKT bagi kelompok UKT 1 dan 2 yang memenuhi persyaratan.

3). Potongan biaya untuk pendidikan/UKT/SPP semester ganjil tahun Akademik 2020/2021 bagi mahasiswa dalam proses penyusunan tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi mengalami kendala dilapangan sebagai dampak pandemi COVID-19 mendapat pemotongan.

Selesai ujian Proposal dipotong 30%, selesai pengumpulan data dipotong 40%, selesai analisis data dipotong 50%. untuk mahasiswa S2 & S3 selesai ujian hasil/ujian kelayakan dipotong 60%, proses akhir bimbingan perbaikan ujian hasil dan persiapan ujian komprehensif/ujian akhir ujian tertutup bagi program doktor dipotong 75%, kemudian bagi yang telah selesai bimbingan proses menunggu penjadwalan ujian bagi program Doktor dalam selang waktu sampai 31 Juli 2020 akan dipotong 100%.

4). Pembayaran angsuran (karena dampak pandemi COVID-19) untuk semua kelompok UKT/SPP hingga batas jadwal pembayaran yang telah ditentukan belum bisa mencukupi untuk pelunasan. Dapat membayarkan UKT secara angsuran maksimum 3 kali angsuran dari tarif biaya UKT yang telah ditetapkan.

Dalam surat edaran juga dijelaskan bahwa kelompok penyesuaian 1 sampai 4 dibuka untuk mahasiswa program D3 dan S1serta Program Pasca Sarjana masuk pada kelompok penyesuaian 3 dan 4.

Untuk mendapatkan dispensasi biaya pendidikan mahasiswa harus mengajukan surat permohonan penyesuaian yang ditujukan ke Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Gorontalo.

Dengan mengikuti semua prosedur pengajuan dan melengkapi semua dokumen pendukung dan mengunggahnya secara online melalui laman simpel.bakp.ung.ac.id

Selain itu, dalam melakukan pembayaran UKT dapat dilakukan melalui loket pembayaran melalui Bank yang telah bekerja sama dengan UNG yakni BRI dan BNI.(iswan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here