13 Tahun Dimekarkan, Ruas Jalan di Bolmut Belum Diberi Nama

0
415

Bolmut, Sulut – Sejak ditetapkan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara sebagai daerah otonomi, 13 tahun yang lalu, dengan ibukota Desa Boroko kecamatan Kaidipang, pembangunan infrastruktur terus dilakukan termasuk sejumlah ruas jalan.

Sayangnya, hingga saat ini di wilayah Kabupaten Bolmut sejumlah ruas-ruas jalan belum diberi nama sehingga membingungkan masyarakat. Hal ini pun menjadi sorotan semua kalangan, terkait kineja Pemkab Bolmut lebih khususnya instansi terkait.

“Survey Pemetaan dan Penamaan Jalan ibukota Bolmut sebagaimana pantaun kami telah dianggarkan perencanaan pada APBD tahun 2014 sebagaimana pagu anggaranya adalah Rp 221.200.200 pada Bapelitbang tahun 2014 sebagamana tertuang dalam daftar Sistim informasi Rencana Umun Pembangunan (SIRUP) secara Nasional. Mana hasilnya?,” tegas Anggota LSM LP3K (Lembaga Pemantau Pembangunan Pemerintahan dan Kemasyarakatan) saat bersua dengan media ini, Sabtu (13/6/2020).

Dirinya meminta Pemkab Bolmut untuk fokus terkait penamaan jalan. ” Kami meminta Pemkab betul-betul menseriusi hal ini agar masyarakat tidak lagi bingung, apalagi fasilitas umum milik pemerintah seharusnya dapat diperjelas dengan sebuah nama yang terang dan dilindungi aturan,” pungkas Salmin.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Bolmut Uten Datunsolang Spd saat dikonfirmasi, menjelaskan bahwa untuk survey Pemetaan dan penamaan nama jalan telah dianggarkan di Dinas PUPR Bolmut.

“Untuk survey pemetaan dan penamaan jalan sudah dianggarkan di Dinas PUPR. Kami (dishub) tinggal pemasangan nama jalan, kegiatan ini juga sudah dianggarkan tahun 2020 dengan pagu Rp90 juta dan akan terus berlanjut. Insya Allha akhir agustus 2020 sebagian jalan dalam ibukota sudah memiliki papan nama jalan atau alamat jalan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum Pemkab Bolmut Abdul Muis Suratinoyo SH mengatakan, terkait hal tersebut sudah memiliki PERDA, namun terkendala dengan PERBUP.

“Kalau PERDAnya sudah ada sejak lama, hanya PERBUP yang sekarang sedang kami rampungkan karena ada beberapa perubahan,” singkatnya.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here