Gelar Webinar, Jurusan Kimia UNG Datangkan Ketua HKI dan Dekan FKIP UNMUL

0
560

Gorontalo – Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menyelenggarakan Webinar, dibuka langsung oleh Rektor UNG, Dr. Eduart Wolok ST MT, Sabtu (13/6/2020).

Webinar yang mengusung tema “Pengembangan Riset Ditengah Pandemik Covid-19” ini, panitia tak tanggung-tanggung mendatangkan para akademik terkenal menjadi pembicara.

Adapun pembicara yang didatangkan langsung dari Pulau Jawa yakni, Prof. Dr. Harno Dwi Pranomo, M.Si selaku ketua Himpunan Kimia Indonesia (HKI) juga merupakan salah satu dosen kimia UGM.

Selanjutnya, Prof. Dr. Muh. Amir Masruhim, M.Kes selaku dosen kimia Universitas Mulawarman yang sementara menjabat sebagai Dekan FKIP Unmul. Sementara pembicara ketiga, Dr. Lukman A.R Laliyo, M.Pd sebagai dosen kimia UNG.

Webinar yang mencatat 3200 pendaftar ini dipimpin langsung oleh mantan ketua jurusan kimia Dr. Akram La Kilo, M.Si sebagai moderator melalui aplikasi zoom dan live streaming youtube jurusan kimia UNG.

Dalam sambutannya Rektor UNG, Dr. Eduart Wolok ST MT menjelaskan, bahwa dunia akademik memang harus mempersiapkan dan menyikapi dengan bijak riset ditengah pandemic COVID-19.

“Riset harus banyak mengalami penyesuaian adaptasi, riset dalam situasi apapun harus tetap dijalankan dan dikembangkan karena riset merupakan salah satu jantung ataupun nadi bagi perguruan tinggi,” ucap Eduart.

Eduart juga berharap lewat webinar ini bisa menghasilkan rumusan-rumusan yang bisa menjadi rujukan dan acuan dalam perkembangan kegiatan perkuliahan kedepan diera new normal. “Riset merupakan salah satu jantung ataupun nadi bagi perguruan tinggi,” tukasnya.

Sebagai pembicara pertama, Prof. Dr. Harno Dwi Pranomo, M.Si memaparkan materi tentang Riset Bidang Kimia Komputasi di masa Pademic COVID-19. Selain itu dosen kimia UGM ini berharap dengan adanya webinar ini bisa mendaptkan jaringan yang baru, bisa bekerja sama dengan UNG.

Hal lainnya juga disampaikan, Prof. Dr. Muh.Amir Masruhim, M.Kes yang memaparkan materi tentang Pengembangan Penelitian Pendidikan Kimia ditengah Pandemi COVID-19 dan menyampaikan hal-hal yang perlu dipahami mahasiswa agar cepat selesai dalam menyusun karya ilmiah beserta pendekatan penelitian dan pengembangan dimasa pandemik.

Sementara itu, pembicara asal UNG Dr. Lukman A.R Laliyo, M.Pd memaparkan materi tentang Pengembangan Riset Pembelajaran Kimia Ditengah Pandemi Covid-19.

Dirinya menjelaskan tantangan pembelajaran dimasa New Normal dan alternatif pebelajaran kimia baru, dimana pembelajaran tatap muka menjadi tatap maya. Serta rancangan strategi-strategi pembelajaran virtual.

Diberitakan, pada webinar yang berlangsung selama kurang lebih 3 (tiga) jam ini dihujani puluhan pertanyaan. Salah satu pertanyaan yang tertuju pada seluruh pembicara adalah bagaimana dengan pembelajaran kimia yang selalu melakukan praktikum.

Adapun jawaban dari ketiga pembicara memiliki kesamaan yakni praktikum dimasa new normal bisa dilaksanakan secara virtual terkecuali ada hal-hal yang hanya bisa dilakukan di laboratoium dan dapat dilaksanakan dengan pembagian kelompok yang minim serta tetap melaksanakan protokol kesehatan COVID-19.

Adapun sambutan dari Ketua Jurusan Kimia Wiwin Rewini Kunusa, S.Pd, M.Si dan ditutup oleh Dekan Fakultas MIPA UNG Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si.(hersiq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here