Awasi Pilkada 2020, Bawaslu Bolmut Kembali “Action”

0
574

Bolmut, Sulut – Bawaslu Bolmut siap memperkuat fungsi pengawasan dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020, seluruh jajaran badan addhock di tingkat kecamatan dalam hal ini Panwascam se Kabupaten Bolmut telah diaktifkan kembali berdasarkan surat edaran Bawaslu RI tentang petunjuk teknis pengaktifan kembali jajaran pengawas di tingkat kecamatan dan desa.

“Iya, agenda Pengawasan Pilkada serentak tahun 2020 khususnya di Bolmut, Panwaslu Kelurahan dan Desa (PKD) belum sempat dilantik bulan maret karena terkendala dengan status darurat nasional Wabah COVID-19 yang mengakibatkan dihentikan beberapa tahapan Pilkada serentak oleh KPU RI,” ucap Ketua Bawaslu Bolmut Irianto Pontoh Spd saat bersua dengan jejak fakta, Minggu (14/6/2020).

Terkait hal ini, kata Irianto, maka secara otomatis jajaran adhock di lingkungan Bawaslu Kabupaten Kota harus dinonaktifkan, dan setelah hasil rapat antara Pemerintah, DPR RI, KPU RI, BAWASLU RI, dan DKPP RI, maka disepakati bahwa tahapan pilkada yang sempat dihentikan akan dilanjutkan yakni, Senin (15/6/2020) besok.

“Sehingga kami harus segera mengaktifkan kembali Panwascam dan segera melantik PKD sebelum tanggal 15 Juni, sehingga begitu Panwascam diaktifkan kemarin. Maka hari ini mereka (panwascam) langsung melantik PKD di masing-masing wilayah kerja di kecamatan,” jelasnya.

Irianto juga berpesan kepada seluruh pangawas pemilu baik di kecamatan maupun di desa, agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab ini secara baik.

“Demi tegaknya demokrasi yang berkeadilan, mencegah adanya peluang pelanggaran pilkada, baik pelanggaran Etik, pelanggaran administrasi maupun pelanggaran pidana, sambil tetap dengan prinsip memegang teguh nilai integritas sebagai penyelenggara pemilu. Jangan tergoda dengan bujuk rayu dari siapapun, jangan jual integritas hanya karena kepentingan sesaat,” pungkasnya.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here