Gerindra dan Golkar Beri Signal Poros Tengah, MDT-Cindy Menguat?

0
709

Bitung, Sulut – Perhelatan Pilwako 2020 di Kota Bitung makin menarik disimak. Setelah wacana poros tengah makin kuat dihembuskan sejumlah partai, komunikasi politik antara jajaran partai di Kota Bitung akhir-akhir ini semakin intens.

Kali ini, Partai Golkar Kota Bitung mengisyaratkan mendukung munculnya poros tengah dan bakal ikut memperkuat poros itu.

Isyarat ikut bergabung dengan poros tengah tak ditampik Wakil Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota DPD II Partai Golkar Kota Bitung, Erwin Wurangian.

Erwin mengatakan, untuk saat ini Partai Golkar Kota Bitung masih terus melakukan proses terkait arah langkah yang akan diambil untuk Pilkada serentak Kota Bitung 2020.

“Golkar masih terus berproses. Akan kemana Partai Golkar di Pilkada Kota Bitung nantinya, kami masih menunggu hasilnya,” kata Erwin saat dihubungi, Senin (15/6/2020).

Apalagi kata dia, Partai Golkar Kota Bitung sendiri telah memiliki figur sendiri yang layak untuk maju di Pilkada, yakni Cindy Wurangian yang juga adalah Ketua DPD II Kota Bitung.

“Jadi kalau mau dibilang nantinya Partai Golkar bakal ikut poros tengah bisa saja, tergantung putusan DPP nantinya,” katanya.

Atau kata anggota DPRD Kota Bitung, DPP mengintruksikan untuk mengusung sendiri pasangan calon, atau ikut mendukung salah satu pasangan calon yang sudah itu, semua tergantung putusan DPP.

“Kita masih menunggu putusan itu. Apakah nantinya Cindy akan maju sebagai papan satu atau papan dua atau ikut mendukung pasangan calon yang sudah ada. Intinya Golkar Kota Bitung siap dengan semua putusan DPP nantinya,” katanya.

Selain Golkar, ternyata Partai Gerindra pun terlihat intens melakukan komunikasi politik. Hal itu terlihat dari sejumlah foto yang beredar pertemuan antara Ketua DPC Partai Gerindra Kota Bitung, Dewi Suawa dan bakal calon Martin Daniel Tumbelaka beberapa waktu lalu.

Sekretaris DPC Partai Gerindra, Hery Tobangen saat dikonfirmasi terkait pertemuan tersebut mengatakan, itu hanya pertemuan silahturahmi sambil membangun komunikasi dengan baik. Apalagi Gerindra sendiri punya hubungan pertemanan dengan partai-partai lain. ” “Demi Kota Bitung, segalah sesuatu kita komunikasikan dengan baik,” kata Tobangen.

Tobangen juga berujar, komunikasi antara Gerindra denga Pak Martin sedang berproses di tingkat DPC. “Nanti kita lihat endingnya seperti apa nanti,” ujarnya.

Ditanya apakah pertemuan itu merupakan simbol politik poros tengah di Pilkada Bitung, dia enggan berkomentar lebih. “Masih tetap terbangun dan semuanya masih cair. Yang pasti komunikasi kita masih bagus dan tetap intens,” singkatnya.

Terpisah, Sekretaris DPK PKP Indonesia Kota Bitung, Vesco Dandel menyatakan saat ini Pak Martin Daniel Tubelaka berada di Jakarta sementara menjalin komunikasi dengan partai Nasdem.

“Iya memang benar di Jakarta sedang kominikasi politik dengan Nadem. Tapi secara resmi belum tau seperti apa, kita sedang menunggu. Apapun keputusan nanti, kami (PKP Indonesia) wajib mengamankan itu,” ucapnya.

Dia juga tak menampik potensi Martin Daniel Tumbelaka akan maju sebagai calon Wali Kota Bitung nanti.

“Pak Martin itu rekomendasi dari PKPI sebagai calon Wali Kota atau Wakil Walikota Bitung. Soal di internal pasti ada yang menginginkan dia maju calon Wali Kota, tapi ada juga sebagian kader ingin MDT berpasangan dengan pak Lomban. Artinya, tidak mau maju papan dua kecuali dengan pak Lomban,” jelasnya.

Tapi keputusan kita akan rapatkan kembali, dua opsi itu menjadi perhatian dan sudah berkembang ditengah kondisi partai.

“Apapun hasil keputusan 01 atau 02, partai akan mendukung itu. Karena makanismenya ke DPN tidak bisa ditentukan di daerah lewat surat keputusan atau rekomendasi,” pungkasnya.(rpm/old)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here