Gorontalo Ekspor Puluhan Ribu Ton Jagung ke Filipina

0
605
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat melepas secara resmi ekspor jagung Gorontalo ke Filipina, Rabu (17/06/2020). Sebanyak 12.400 ton jagung di kirimkan oleh PT. Seger Agro Nusantara yang dibagi dalam dua tahap.(foto:humas)

Gorontalo – Sebanyak 12.400 ton jagung kering dikapalkan di pelabuhan Anggrek Kabupaten Gorontalo untuk diekspor ke Filipina, Rabu (17/6/2020).

Ekspor jagung ini dilepas oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie. “Saya mengapresiasi kinerja petani yang tetap produktif di tengah pandemi Covid-19 ini, sehingga produksi pangan tetap terjaga. Bahkan mengalami peningkatan yang terbukti hari ini kita ekspor sebesar 12.400 ton,” kata Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie.

Ia menjelaskan sektor pertanian menjadi pengaman dalam menghadapi wabah Covid-19. Kebutuhan pangan menjadi prioritas yang harus dipenuhi bagi seluruh masyarakat sehingga kegiatan pertanian harus tetap berjalan.

Ekspor jagung ke Filipina dibagi dalam dua tahap pengiriman. Tahap pertama telah dilakukan pada tanggal 9 Juni 2020 dengan jumlah ekspor sebanyak 6.100 ton dan tahap kedua sebanyak 6.300 ton dengan nilai ekspor keseluruhan sebesar Rp44,9 miliar.

“Kenapa kami ekspor karena harga jagung di luar negeri lumayan di banding dalam negeri. Tahun 2019 ekspornya berkurang karena harga jagung di tingkat lokal di Indonesia sangat bagus,” ujar Rusli Habibie.

Sebelumnya, Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian melalui Pusat Kepatuhan, Kerjasama dan Informasi Perkarantinaan (KKIP) telah menerbitkan sertifikat karantina ekspor (Phitosanitary Certificate, PC) kepada PT Seger Agro Nusantara. Sertifikat ini diserahkan oleh Kepala Karantina Pertanian Gorontalo, Indra Dewa.(redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here