Sejumlah Daerah Gencar Galang Dana Korban Banjir Bandang Bone Bolango dan Kota Gorontalo

0
661

Jejak Fakta – Banjir bandang yang menimpa Kabupaten Bone Bolango dan berdampak hingga ke Kota Gorontalo membuat para warga bersimpati untuk menggalang bantuan, bukan hanya di wilayah Provinsi Gorontalo hingga Provinsi Sulut pun bahu membahu untuk membantu para korban.

Hal ini dibuktikan di beberapa daerah dari pantauan awak media jejak fakta, seperti kelompok pemuda di kecamatan Paguat berkolaborasi dalam menggelar aksi penggalangan dana untuk korban banjir.

Kolaborasi penggalangan dana ini di lakukan oleh skuad walker esport, pemuda monas mania dan forum kecamatan paguat.

“Jadi, kita kolaborasi dari Skuad Walker Esport dengan Pemuda Monas Mania dan forum karang taruna paguat dalam melakukan penggalangan dana untuk korban banjir di Kab. Bone Bolango dan Kota Gorontalo” Jelas Uneng salah satu Pemuda Sipayo.

Penggalangan dana ini dilakukan pada dua titik, pertama di tugu monas sipayo dan pasar sore Sipayo. “Pertama kita penggalangan dana di tugu monas sipayo dari pukul 9 pagi sampai 12 siang untuk istrahat, terus ke pasar sore lalu kita kembali lagi k tugu monas dan pendapatan sore tadi itu total keseluruhannya Rp2.630.000,” ungkapnya.

Uneng menambahkan, hasil kegiatan penggalangan dana yang mereka lakukan ini tidak menutup kemungkinan hanya hari ini saja. “Dan alhamdulilah kegiatan ini kira-kira tidak menutup kemungkinan hanya hari ini, rencananya uang itu akan kami belikan ikan kaleng sarden serta supermi sedap dan beras,” tandasnya.

Sementara itu, sebelumnya mereka sudah mendapatkan donasi dari masyarakat lewat postingan media kemarin (16/6). “Dari hari kemarin lewat postingan di media itu sudah ada yang mengantar pakaian-pakaian yang siap pakai, baju-baju bayi, ada juga air mineral dan selimut. Alhamdulillah sekarang ini sudah menghampiri sepuluh dos. Dari pakaian tersebut yang kami terimah dari masyarakat,” tandasnya.

Hal yang sama juga dilakukan, Yayasan 89 yang diketuai oleh Husain Al Djufri mengadakan bakti sosial untuk masyarakat, anggota dan Keluarga yayasan yang terkena musibah banjir bandang.

Saat ditemui, Husain melalui Maman Dzakaria mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Yayasan 89 untuk sedikit meringankan keluarga yg terkena dampak dari banjir bandang.

“Sumber donasi didapatkan open donasi dari relasi 89 baik yang di Gorontalo maupun di luar daerah Gorontalo. Yayasan 89 dipilih dan dipercaya oleh banyak donatur untuk membantu masyarakat sekitar dan juga keluarga 89,” singkat Maman yang didampingi Fatra Lela Kamaru.

Terpisah, di Kota Bitung, sejumlah ormas maupun komunitas juga menggelar aksi tersebut. “Ini sebagai bentuk kepedulian kita terhadap saudara kita yang berada di Bone Bolango dan Kota Gorontalo. Semoga bisa bermanfaat,” singkat Ketua Girian Resting Komunitas (GRK) Peduli, Jhoni Katili saat ditemui disela-sela penggalangan bantuan di Jalan Raya Girian.(F07/alvio/old)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here