Sekda Batam Tinjau Kesiapan Pelaksanaan TMMD

0
627

Batam, Kepri – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid meninjau kesiapan pelaksanaan Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kampung Tua Tanjung Gundap, Tembesi, Sagulung, Jumat (19/6/2020).

Program ini merupakan pembangunan yg inisiatifnya dari Kodim 0316/ Batam berdasarkan usulan masyarakat.“Dari hasil peninjauan dapat diketahui bahwa wilayah ini (Kampung Tua Tanjung Gundap) memang membutuhkan penanganan,” ujar Sekda.

Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemko) Batam mendukung dengan menggelontorkan anggaran Rp2,2 miliar. Pelaksanaan program ini tidak dilakukan oleh kontraktor seperti proyek, namun secara gotong royong bersama seluruh masyarakat.

“Untuk itu, demi kebaikan perbaikan kampung ini, jika ada pohon warga yg terkena harap dimaklumi. Jika ada kambing yang masih berkeliaran di masa pengecoran harap diletak di kandang atau diikat dulu supaya tidak ada cap kambing,” ujarnya kepada warga setempat.

Melalui program ini, ada 8 item yang dibangun melalui program TTMD ini. Jefridin merinci, 8 item yang dibangun yakni jalan lingkungan sepanjang 1.200 meter, drainase ukuran U40 sepanjang 410 meter, pos kamling dua unit, tribune dan gawang sepak bola dua unit. Kemudian gorong-gorong diameter 50 sepanjang 40 meter, batumiring 34 meter.

“Ada juga perbaikan plafon di Gedung Taman Pendididilan Al-Qur’an dan pembangunan tugu monumen TTMD satu unit,” ujarnya.

Dengan adanya pembangunan ini, Jefridin berharap fasilitas tersebut bermanfaat bagi warga setempat dan ia mengapresiasi langkah TNI dalam membangun wilayah ini.“Sesuai jadwal, pengerjaan ini selama 45 hari kalender kerja,” katanya.

Selain itu, Jefridin juga mengingatkan warga dan semua petugas untuk tetap menjalankan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19 ini. Ia mengingatkan untuk tetap memakai masker, menjaga jarak dan rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.“Ini upaya kita mencegah dan meminimalisir risiko terjangkit COVID-19” kata dia.

Menanggapi program tersebut, warga Kampung Tua Tanjung Gundap mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, serta Dandim 0316/Batam, Letnan Kolonel Inf Ahmad Daud Harahap, yang telah memilih kampung mereka sebagai lokasi TTMD 2020 di Kota Batam.(agusman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here