Bukti Kinerja Pemkab Bolmut Akhirnya Jembatan Gantung Goyo dan Busato Siap Dibangun

0
445

Bolmut, Sulut – Kinerja Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongdondow Utara (Bolmut) patut diacungi jempol. Dibawah nahkoda Bupati Drs. Hi. Depri Pontoh dan Wakil Bupati Drs. Hi. Amin Lasena, MAP akhirnya sukses mengawal usulan pembangunan jembatan Goyo dan Busato yang sekian lama terisolir.

Hal ini dibuktikan, saat tim konsultan telah turun lapangan untuk melakukan monitoring sebagai persiapan pekerjaan jembatan tersebut, Sabtu (27/6/2020).

Dari informasi yang diperoleh, anggaran pembangunan 2 (dua) jembatan tersebut senilai Rp6 miliar.

“Iya benar, hari ini kami kedatangan tim Konsultan pembangunan Jjembatan Gantung Goyo dan jembatan Busato. Anggaran untuk masing-masing pekerjaan senilai Rp 3 miliar, untuk sumber dananya dari APBN” ucap Plt Kadis PUPR Rudini Masuara, ST saat bersua dengan media ini.

Rudini juga mengatakan, sebelumnya telah melakukan langkah prefentif percepatan pembangunan akses jalan dan jembatan yang menghubungkan desa keimanga Goyo dan ollot, paku bersatu.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa Goyo adalah daerah transmigrasi yang sangat produktif dengan hasil pertanian, namun kendala saat ini adalah akses jembatan yang masih menggunakan rakit bambu sehingga sangat menyulitkan para petani yang ada di Wilayah Goyo dan sekitarnya. Insya Allah dalam waktu dekat akan segera action,” tandasnya.

Terpisah, Tokoh Presidium Pemekaran Bolmut Moh. Irianto. Ch. Buhang, S.Sos memberi apresiasi terhadap kinerja Pemkab Bolmut demi kesejahteraan masyarakat.

“Tentunya hal ini sangat diapresiasi. Saya juga sering menyuarakan terkait jembatan tersebut, waktu menjabat anggota DPRD Bolaang Mongondow periode tahun 2000-2005 dan sudah sempat dibangun tiang pancangnya,” katanya kepada media ini.

Kepastian pembangunan jembatan tersebut juga diakui Buhang saat dirinya sempat berbincang dengan tim konsultan.

“Kebetulan tim konsultan ini menginap di hotel TriyPutra. Jadi saya sempat berbincang dengan mereka dan membenarkan bahwa pembangunan jembatan Gantung Goyo dan Busato akan segera dilaksanakan,” ujarnya.

“Hal ini bila sudah dibangun, maka disamping sebagai akses jalan dan jembatan pertanian menuju Goyo ini, akan bisa juga dijadikan akses wisata pertanian. Maka perlu ada Dana Sharing dari Pemkab Bolmut saya juga berpesan dalam Pembahasan APBD-P 2020. Saya sarankan agar alokasi anggaran fokus pada kepentingan masyarakat di bidang pertanian, perkebunan kesehatan dan bukan hanya melihat dan memaksakan format anggaran untuk kepentingan fasilitas orang tertentu hanya karena satu dan lain hal. Seakan dipaksakan, tiba masa tiba akal tapi harus lewat perencanaan yang matang,” tegas Buhang.

Sebab kata Buhang, dirinya sempat mendengar isu ada oknum anggota DPRD yang ingin memaksakan agar pembangunan akses jalan dan fasilitas umum lainnya dipaksakan dibangun untuk kepentingan lahan persawahan dan perkebunan milik sendiri.

“Ini ada apa? Intinya, kami masyarakat berharap kepada para kepala dinas yang merupakan mitra kerja DPRD agar jangan takut merasionalisasi anggaran untuk kepentingan masyarakat pada umumnya dan bukan kepentingan pribadi. Kami akan mencari kebenaran informasi ini,” pungkasnya.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here